Find Us On Social Media :

Aneh, Muncul Ikan Pari Berwarna Pink di Pantai Timur Australia

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 5 November 2015 | 15:00 WIB

Aneh, Muncul Ikan Pari Berwarna Pink di Pantai Timur Australia

Intisari-Online.com - Seekor ikan pari berwarna pink muncul di pantai timur Australia. Muncul di perairan Bundaberg, Great Barrier Reef, Queensland, spesies ini disebut sebagai yang pertama terlihat di Australia.

Adalah Ryan Jeffrey, seorang pelatih renang, yang pertama kali melihat ikan ini. Waktu itu Jeffrey yang tengah melatih renang di dekat Lady Elliot Island secara tidak sengaja memergoki ikan aneh itu sedang berenang. “Saya melihat ikan yang tampak aneh ini. Tapi ikan ini tampak akrab dan berada di dekat saya sekitar setengah jam lamanya,” kata Ryan.

Ikan pari pink itu tidak datang sendiria. Di sekelilingnya juga terdapat ikan pari-ikan pari lainnya, tapi dengan warna biasa, sehingga sangat terlihat perbedaannya. Ryan kemudian mengambil kamera dan mulai merekam ikan pari ini.

“Saya sudah sering berenang di sini dan tidak pernah melihat ikan pari sama sekali,” katanya. “Saya kemudian kembali ke lokasi yang sama dan berharap bisa melihat ikan pari tersebut, tapi dia tidak pernah muncul lagi.”

Di tempat lain, seorang pakar ikan pari Dr Kathy Townsend menjelaskan bahwa adanya warna pada ikan pari itu cukup mengherankan. “Ikan pari ini jenis jantan dewasa dan jelas memiliki warna pink di bagian tubuh yang seharusnya berwana putih,” jelas Townsend.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan warna kulit si ikan menjadi tampak berbeda dengan yang lainnya. “Biasanya ikan pari atau ikan hiu kalau lagi stress akan berubah warna tubuhnya. Namun menurut Ryan, saat itu ikan pari ini tampak santai dan bahkan akrab,” terang Townsend.

Besar kemungkinan warna pink itu muncul bukan disebabkan oleh kondisi stres, melainkan sebab lain yang hingga sekarang belum diketahui oleh Twonsend. Ia mengaku bahwa seorang rekannya juga pernah melihat ikan pari warna pink di perairan Mozambique, Afrika, dan diketahui bahwa ikan itu sedang mengalami infeksi kulit.