Find Us On Social Media :

Memulai Awal Baru

By Jeffrey Satria, Selasa, 14 Agustus 2012 | 14:21 WIB

Memulai Awal Baru

Intisari-Online.com - Apakah Anda merasa karier sedang mandek? Anda merasa putus asa karena tak ada hal baru dalam karier Anda?

Jangan takut, hari esok akan ada selama Anda masih hidup. Di hari yang baru, Anda bisa memulai sesuatu yang betul-betul baru dan segar. Jika akhir-akhir ini Anda tak terlalu berhasrat dan energik dalam karier, maka mencari tujuan yang baru bisa jadi obat bagi karir Anda yang mujarab.

Ada empat langkah yang bisa Anda ikuti untuk memulai awalan yang baru.

  1. Bujuk diri Anda untuk berkomitmen. Sebuah tujuan tak akan pernah tercapai tanpa adanya komitmen. Kegigihan seseorang dalam mengejar tujuan lahir dari komitmen-komitmen terhadap tujuan tersebut. Situasi-situasi buruk atau faktor dari luar bisa saja mengurangi komitmen tersebut. Oleh karena itu cobalah set paradigma agar komitmen pada tujuan tetap teguh.
  2. Mulailah dari hal-hal kecil. Anda mungkin berada pada posisi saat Anda tak dapat memprediksi apa yang akan terjadi para karier Anda. Atau jangan-jangan Anda tahu, tapi belum berbuat sesuatu untuk langkah selanjutnya? Apa pun keadaannya, inilah saatnya untuk melangkah maju. Melangkahlah kecil dan perlahan, tanpa harus terburu-buru. Langkah kecil dalam memulai sesuatu yang baru dapat meningkatkan kepercayaan diri dan lebih efektif dibanding langkah-langkah besar yang inkonsisten.
  3. Susun rencana. Adalah hal yang krusial untuk membuat perencanaan dalam karier. Sebuah rencana yang matang akan memberikan ketenangan batin Anda. Anda hanya perlu menjalankan setiap langkah yang sudah direncanakan satu demi satu. Ada cara mudah untuk membuat sebuah perencanaan. Tuliskan tujuan karier Anda, lalu bagilah dalam bentuk deskripsi tugas-tugas kecil yang spesifik. Ambil kalender dan letakkan tugas-tugas tersebut di dalamnya. Lakukan tugas tersebut dengan komitmen, dan lihatlah tujuan sudah di depan mata.
  4. Lihat kembali tujuan Anda setiap hari. Rasa jenuh tentu bisa membuat Anda melupakan hal-hal penting. Salah satunya tujuan Anda. Cobalah untuk melihat kembali pernyataan tujuan Anda setiap harinya. Renungkan pernyataan tersebut dan rasakan kembali gelora saat Anda menuliskan tujuan tersebut.

Jadi tunggu apa lagi? Mulailah awal yang baru hari ini! (Deborah Brown Volkman, PCC)