Find Us On Social Media :

Saat Karier Disabot (2)

By Ade Sulaeman, Kamis, 14 Maret 2013 | 13:00 WIB

Saat Karier Disabot (2)

Intisari-Online.com - Pernah menemukan orang yang secara konsisten menahan informasi penting, memulai rumor tentang kita, menolak membantu atau memberi saran, atau mencoba menjatuhkan kita di depan atasan? Jika iya, mungkin dia sedang menyabot karier kita.

Jika menemui orang-orang seperti itu di kantor, ada delapan cara untuk mengatasinya. Empat diantaranya sudah dibahas di artikel ini.

  1. Hadapi langsung penyabot.

    Setelah menemukan target, dalam hal ini penyabot, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menemui dan mengajaknya bicara. Dekati dia dengan cara yang positif, walau mungkin terasa palsu dan menjilat. Ambillah hatinya.

  2. Jangan sabotase penyabot.

    Jika kita menduga seseorang yang mencoba menyabot karier kita, jadilah orang yang lebih besar. Jangan menjadi orang yang sama. Jadilah orang yang selalu berada di samping penyabot. Selalu beri dia bantuan jika mereka membutuhkan, tawarkan saran, bantu dia bekerja lebih baik, tanpa peduli apa yang dilakukannya pada kita.

  3. Bawa masalah ini ke atasan atau bagian SDM.

    Jika usaha-usaha tadi masih tidak berhasil dan situasi terasa semakin buruk, terutama karier kita, maka saatnya memutuskan untuk membawa masalah ini kepada atasan atau bagian SDM kantor. Namun usahakan untuk tetap objektif, dan bawalah semua bukti yang mungkin diperlukan.

  4. Biarkan pilihan tetap terbuka.

    Setelah semua cara dilakukan, namun situasi tetap tidak berubah, karier kita juga terhambat, mungkin kita memang tidak seharusnya berada di sana. Ada baiknya siapkan pilihan tempat lain, perbarui terus curriculum vitae kita, dan jaga selalu jejaring. (Forbes)