Find Us On Social Media :

Ini Alasan Anda Tetap Menganggur (1)

By Birgitta Ajeng, Rabu, 24 April 2013 | 13:00 WIB

Ini Alasan Anda Tetap Menganggur (1)

Intisari-Online.com - Mengapa saya masih menganggur? Barangkali pertanyaan ini muncul di benak orang-orang yang sulit mencari pekerjaan, termasuk Anda. Memang, mencari dan mendapatkan pekerjaan bukan hal mudah.

Sulit mendapatkan pekerjaan disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa alasan yang menyebabkan Anda tetap menganggur.

  1. Anda kurang bergaul dengan banyak orang. Saat ini, hampir semua jenis pekerjaan bisa ditemukan melalui jaringan (networking). Anda bisa menemukan informasi lowongan kerja di koran atau internet. Namun, itu saja tidak cukup. Anda perlu bergaul dengan banyak orang guna membina jejaring (network).
  2. Wawancara Anda buruk. Perekrut menemukan banyak perilaku buruk pada diri para pelamar kerja. Tidak sedikit, pelamar kerja mengunyah permen karet saat wawancara dan mereka tidak berpakaian rapi. Selain itu, sering ditemukan juga pelamar yang gemar berdebat ketika wawancara dan mengatakan hal-hal yang semestinya tidak dikatakan saat wawancara.
  3. Penampilan Anda berantakan. Penampilan Anda menentukan hasil wawancara Anda. Besar kemungkinan orang yang meweawancarai Anda tidak suka melihat penampilan Anda yang. Berantakan. Dan kebanyakan, perekrut tidak simpati dengan pelamar yang bertato. Sebab, mereka beranggapan bahwa hal itu tidak profesional.
  4. Anda meminta gaji terlalu tinggi. Cermatlah menentukan nominal gaji Anda saat wawancara! Bila Anda meminta gaji yang terlalu tinggi, perekrut akan menolak Anda.
  5. Anda terlalu berkualitas. Perekrut tidak akan mempekerjakan seseorang, yang sudah 10 tahun pengalaman kerja, sebagai staf. Mereka akan mencari pelamar lain dengan kualitas yang cocok sebagai staf, tidak lebih dari itu. Bahkan ketika seseorang sudah memiliki pengalaman yang cukup banyak namun melamar untuk magang, perekrut tidak akan mewawancarainya. Sebab, perekrut tahu bahwa orang ini hanya akan kerja dalam waktu singkat dan tidak memberi keuntungan bagi perusahaan.
  6. Sikap Anda buruk. Perekrut akan lebih cepat mengakhiri wawancara dengan pelamar yang bersikap sikap arogan, murung dan kurang bersahabat. Oleh karena itu, perbaikilah sikap Anda sebelum Anda diwawancara! (careerealism)