Find Us On Social Media :

Ini Alasan Anda Tetap Menganggur (2)

By Birgitta Ajeng, Rabu, 24 April 2013 | 16:00 WIB

Ini Alasan Anda Tetap Menganggur (2)

Intisari-Online.com - Mengapa saya masih menganggur? Barangkali pertanyaan ini muncul di benak orang-orang yang sulit mencari pekerjaan, termasuk Anda. Memang, mencari dan mendapatkan pekerjaan bukan hal mudah.

Ini kelanjutan dari artikel pertama. Jika pada artikel itu disebutkan ada enam alasan mengapa Anda gagal memperoleh pekerjaan, masih ada enam alasan lagi yang perlu Anda perhatikan. Apakah itu?

  1. Anda mengalami depresi. Banyak orang mengalami depresi karena kehilangan pekerjaannya. Depresi merupakan hal normal. Namun, bila berlebihan bisa berdampak buruk. Anda sulit mendapatkan pekerjaan baru karena patah semangat. Oleh karena itu, Anda perlu memotivasi diri sendiri dan segera mencari pekerjaan baru.
  2. Anda marah. Barangkali, Anda masih terlalu marah karena dipecat dari pekerjaan Anda. Adala hal wajar bila Anda masih menyimpan sakit hati terhadap peristiwa pemecatan itu. Namun, ketika muncul kesempatan untuk wawancara kerja di perusahaan baru, Anda perlu berdamai terlebih dulu dengan sakit hati Anda di masa lalu. Anda perlu ikhlas, dan optimis menghadapi pekerjaan baru.
  3. Anda tidak mengikuti petunjuk di pengumuman lowongan kerja. Sebelum mengirim Curriculum Vitae (CV), Anda perlu membaca pengumuman informasi lowongan kerja dengan cermat. Setelah itu, lakukan dan cantumkan apa yang telah tertulis di pengumuman tersebut ke dalam CV Anda. Jika Anda tidak mengikuti petunjuk yang ada di pengumuman, kemungkinan besar Anda tidak dipanggil oleh perekrut.
  4. Anda melewatkan bagian penting dari proses wawancara. Kadang, perekrut sering menemukan pelamar yang tidak mengikuti salah satu tahap wawancara. Pelamar memberitahu lewat email bahwa tidak bisa hadir, namun tetapi ingin bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Pelamar yang tidak bisa mengikuti seluruh proses wawancara, tentu tidak bisa mengikuti tahap wawancara selanjutnya.
  5. Saat ditanya, Anda mengelak. Jika perekrut mengajukan pertanyaan, Anda harus menjawab. Apabila Anda mengelak, atau memberikan jawaban secara bertele-tele, atau Anda terlalu banyak bicara, perekrut akan kehilangan simpati terhadap Anda.
  6. Anda tidak siap. Tatkala hari wawancara akan tiba, Anda harus mempersiapkan segala sesuatu dengan cermat, mulai dari waktu, kesehatan, pakaian, data-data yang harus dibawa, sikap serta mental. (careerealism)