Find Us On Social Media :

Ini Cara Menjadi Seorang Penulis (2)

By Birgitta Ajeng, Senin, 6 Mei 2013 | 19:00 WIB

Ini Cara Menjadi Seorang Penulis (2)

Intisari-Online.com - Artikel sebelumnya diulas tentang profesi penulis berupa fakta-fakta mengenai pekerjaan yang dilakukan penulis. Kini kita akan membahas mengenai tempat-tempat kerja penulis. Di mana penulis bekerja?

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, pada 2010, sebagian besar penulis bekerja untuk lembaga keagamaan, lembaga non-profit, organisasi masyarakat, dan perusahaan. Dalam tahun yang sama, banyak juga penulis yang bekerja di surat kabar, penerbitan buku, agen iklan, dan bekerja sebagai public relations di perusahaan. Industri film, radio dan televisi juga mempekerjakan penulis tetapi dalam jumlah yang lebih rendah.

Berbanding terbalik dengan itu, semakin bertambah penulis yang berkerja sebagai pekerja lepas dalam berbagai industri. Penulis lepas memiliki banyak tanggung jawab yang sama sebagai penulis yang bekerja di perusahaan meskipun mereka bukan pegawai. Penulis lepas dibayar sesuai dengan jumlah tulisan yang mereka buat. Menurut Occupational Outlook Handbook, pada tahun 2010, upah tahunan rata-rata penulis adalah AS$55.420.

Bagaimana cara menjadi penulis?

Untuk menjadi penulis harus memiliki gelar sarjana. Lulusan jurnalistik, bahasa Inggri dan komunikasi biasanya lebih disukai. Tetapi lulusan dari disiplin ilmu lain juga diterima asalkan seorang pelamar memiliki kemampuan menulis yang luar biasa.

Banyak penulis memilih untuk mendapatkan pengalaman dengan bekerja di koran lokal atau media internal seperti website, blog, atau majalah milik sekolah, perusahaan, lembaga atau lainnya. Beberapa majalah dan koran juga menawarkan magang bagi calon penulis.

Kemajuan karier seorang penulis biasanya berdasarkan pada pengalaman dan reputasi mereka. Penulis bertanggung jawab menjaga integritas mereka lewat tulisan yang didasari atas fakta-fakta dan sumber yang tepat. Penulis yang sukses adalah penulis yang mampu mematuhi deadline yang sudah dijadwalkan editor.

Demikian pemaparan tentang profesi penulis. Apakah Anda tetarik menjadi penulis? (businessnewsdaily)