Find Us On Social Media :

Tips Menghindari Gosip di Kantor

By Birgitta Ajeng, Senin, 5 Agustus 2013 | 14:00 WIB

Tips Menghindari Gosip di Kantor

Intisari-Online.com - Gosip selalu ada di setiap kantor. Tapi Anda dapat memilih: ingin ikut bergosip atau menjauh? Jika Anda ikut bergosip bersama rekan kerja lainnya yang gemar bergosip, hal ini bisa mempengaruhi karir Anda. "Gosip di tempat kerja memperlambat laju efisiensi karyawan. Gosip yang terlalu berlebihan juga dapat menghancurkan karakter seseorang dan karir," kata Swati Adani, yang memiliki sebuah perusahaan pialang.

Agar Anda tidak terjebak dalam “dunia gosip” di kantor, Swati membagikan tips sebagai berikut:

Menurut Swati, sebagian besar karyawan bergosip saat makan siang atau waktu istirahat sambil minum kopi. Bergosip memang tampak menyenangkan, namun Swati menyarankan agar menahan diri untuk tidak terlibat. Cara terbaik untuk menghindari gosip adalah dengan memastikan bahwa Anda bukan bagian dari kelompok mereka. Sehingga Anda bisa menghindar.

Bila Anda dan rekan kerja sudah mulai bergosip, Anda perlu mengalihkan pembicaraan, seperti berbincang tentang film. Dengan demikian, Anda dapat menambah hal positif dalam percakapan, bukan malah bergosip lebih jauh.

Jika Anda tidak ingin menjadi kasar atau sungkan memberitahu rekan kerja untuk berhenti bergosip, Anda bisa mendengarkan mereka tapi tidak perlu percaya pada semua yang mereka katakan. Sebab orang yang bergosip seringkali membesar-besarkan fakta.

Jangan gunakan selentingan untuk keuntungan Anda. Anda mungkin mendengar banyak informasi pribadi tentang rekan Anda, namun jangan gunakan hal itu untuk menjatuhkan mereka.

Anda tidak perlu mengikuti jejak rekan kerja yang gemar begosip. Jika Anda mengetahui sebuah rahasia, lebih baik Anda simpan untuk diri sendiri.

Jika Anda bergosip dengan rekan kerja yang lain, bukan tidak mungkin bila ada orang yang mengetahui pembicaraan Anda. Jika Anda tertangkap bergosip, hal ini bisa menghambat kemajuan karir Anda. (Idiva)