Find Us On Social Media :

Kepemimpinan Modern (1): Izinkan Orang untuk Gagal

By Ade Sulaeman, Selasa, 1 Oktober 2013 | 13:00 WIB

Kepemimpinan Modern (1): Izinkan Orang untuk Gagal

Intisari-Online.com - Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif di tempat kerja abad ke-21, Anda harus melakukan hal-hal berikut ini agar tempat kerja kembali menariki. Sejalan dengan itu, Anda akan mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat dari seluruh organisasi sebagai pemimpin yang berani.

Izinkan orang untuk gagal

Berdayakan orang-orang Anda untuk menjadi wirausaha serta menguji ide-ide dan cita-cita mereka. Mendorong karyawan Anda untuk menjadi yang terbaik dengan menemukan bagaimana kecocokan mereka dalam tim, juga seluruh organisasi.

Jangan selalu merasa Anda perlu bertanggung jawab. Kepemimpinan yang efektif adalah tentang mendelegasikan dan mampu mempercayai diri sendiri untuk melepaskan dan memungkinkan orang lain untuk membangun pijakan mereka sendiri tanpa terlalu bergantung pada Anda. Berikan karyawan Anda ruang untuk mengeksplorasi dan melepaskan gairah mereka .

Membangun tim terbaik

Tim besar membutuhkan kepemimpinan yang besar. Saat ini tempat kerja harus menghapus penghalang dan beroperasi tanpa batas – mementingkan pemikiran kolaboratif dan menjaga setiap anggota tim tetap bertanggung jawab untuk berkontribusi. Hari-hari dimana perusahaan tergantung pada satu atau dua superstar sudah berakhir.

Sekarang pemimpin harus memainkan peran sebagai fasilitator "think tank" - membimbing kelompok topik strategis untuk tujuan tertentu dari organisasi. Pemimpin perlu mempengaruhi tetapi tidak mengendalikan dialog .

Jadilah communicator yang besar

Jangan pernah berhenti mengkomunikasikan visi, tujuan dan sasaran Anda. Jadilah comunicator yang hebat. Gunakan semua metode yang tersedia untuk menentukan harapan Anda. Kemudian seleraskan dengan tujuan departemen atau organisasi. Jangan pernah kabur dari tanggung jawab, yang memicu risiko kehilangan kepercayaan dari orang lain. (Forbes)