Find Us On Social Media :

Kepemimpinan Modern (2): Jangan Sembunyi di Balik Jabatan

By Ade Sulaeman, Selasa, 1 Oktober 2013 | 13:39 WIB

Kepemimpinan Modern (2): Jangan Sembunyi di Balik Jabatan

Intisari-Online.com - Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif di tempat kerja abad ke-21, Anda harus melakukan hal-hal berikut ini agar tempat kerja kembali menariki. Sejalan dengan itu, Anda akan mendapatkan kepercayaan dan rasa hormat dari seluruh organisasi sebagai pemimpin yang berani.

 

Jangan sembunyi di balik jabatan

Efektivitas kepemimpinan lebih dari sekadar pengaruh suatu "jabatan". Dampak nyata dari kepemimpinan adalah ketika Anda dapat menunjukkan orang yang berada di belakang jabatan itu. Dibandingkan sebelumnya, saat ini orang-orang lebih penasaran dan mereka ingin tahu siapa bos mereka sebagai pribadi.

Orang menginginkan pemimpin mereka dapat berhubungan dan menghormati mereka sebagai manusia. Jadilah diri Anda sendiri. Cerminkan maksud Anda sebenarnya sebagai seorang pemimpin dan jangan bersembunyi di balik jabatan karena hal ini membatasi kemampuan Anda untuk membangun hubungan dengan karyawan.

 

Bangkitkan organisasi

“Sengat” organisasi dengan harapan dan kesempatan yang dapat menciptakan kemungkinan yang tak terbatas. Jangan pernah membiarkan karyawan Anda untuk cepat puas. Bantu mereka memperluas pikiran dan kemampuan mereka. Buatlah lingkungan kerja di mana orang terus tumbuh dan berpikir besar!

Jangan hanya menjadi penyedia, fokuslah menjadi pembuka peluang. Berikan kemudahan bagi orang untuk berkontribusi dan merasa lebih dihargai – buatlah mereka terus-menerus ditantang dan lapar untuk melakukan hal yang lebih besar.

Tetap buat semuanya berjalan sederhana dan menyenangkan

Tetapkan standar dan praktik terbaik di mana semua orang bisa menikmati, belajar dan memperbaiki sepanjang jalan. Konsep tempat kerja yang baru adalah sebagai berikut: bisnis lebih sedikit mendefinisikan individu dan, sebaliknya, individulah yang lebih banyak mendefinisikan bisnis. (Forbes)