Find Us On Social Media :

8 Jurus Buat Karyawan Betah

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 6 Desember 2013 | 19:30 WIB

8 Jurus Buat Karyawan Betah

Intisari-Online.com - Menurut sebuah survei, lebih dari 70% karyawan memiliki hasrat untuk pindah kerja setelah musim liburan. Di masa itu, kemungkinan untuk mencari-cari pekerjaan yang lain terbukan lebar, dan itu secara tidak lansung sangat merugikan bagi perusahaan. Salah satunya, bisa jadi mereka tidak bahagia dan itu tandanya ada yang salah dengan perusahaan. 

Tapi upaya untuk menjadikan karyawan betah di kantor bukanlah sesuatu yang mustahil. Berikut langkah-langkah jitu yang bisa Anda gunakan untuk tetap menjadikan karyawan Anda bahagian di dalam kantor.1. Buatlah misi yang jelas

Yang membuat seseorang tertarik bekerja di perusahaan Anda adalah kekhasan yang dimiliki oleh perusahaan. Minimal, perusahaan memiliki misi jelas untuk menjadi yang terbaik di antara perusahaan-perusahaan lain. Tak hanya itu, membuat program yang jelas terkait apa manfaat yang bisa diberikan perusahaa kepada masyarakat luas.2. Tularkan rasa-memiliki kepada karyawan

Seseorang akan bekerja dengan baik dan bahagia jika ia merasa memiliki perusahaan di mana ia bekerja. Dengan itu, dia bisa memecahkan masalah dengan caranya, memunculkan ide-ide brilian, dan akan bertanggungjawab jika terjadi sesuatu dengan perusahaannya. Yang paling penting, tanamkanlah jiwa bahwa dia penting untuk kelangsungan perusahaan.3. Beri keluasan dalam berinteraksi

Banyak kasus seorang karyawan tidak mengenal rekan-rekan lain di luar departemennnya. Jadi, jangan biarkan karyawan Anda layaknya kura-kura dalam tempurung, biarkan dia berkembang dengan jaringan baru, karena secara tidak langsung ini akan memupuk budaya kerja sama dengan orang lain di luar bidangnya.4. Berilah umpan balik

Iklim diskusi sangat baik untuk menjaga karyawan tetap betah. Pola hubungan partisipatoris akan menjadikan si karyawan merasa tidak kehilangan induk semangnya; ia akan bertanya ketika butuh nasihat, dan yang penting ia tidak malu untuk mengeluarkan kritik jika dirasa ada yang ganjil dengan kebijakan perusahaan.5. Penguatan sisi kultural

Dalam satu kantor pastinya terdiri dari beragam latar belakang yang berbeda. Biasakanlah untuk membuat kegiatan-kegiatan informal yang bertujuan untuk menjadikan seorang karyawan tahu latarbelakang karyawan yang lainnya. Yang paling terasa adalah saat di kantor suasana akan terlihat lebih cair.6. Dorong untuk selalu menghidupi perusahaan

Karyawan adalah aset perusahaan, maka atas merekalah nama perusahaan diembankan. Oleh karena itu, selalu dorong mereka untuk menjadi bagian dari “branding” perusahaan Anda yang sudah dikenal luas. Tapi harus ada timbal balik yang pantas dari kantor; misalnya layanan kesehatan, akses ke tempat-tempat olahraga, konser musik, dan lain sebagainya.7. Sediakan jaminan kesehatan

Apa pun itu, kesehatan menempati posisi yang tinggi untuk persoalan produktivitas kerja. Yang sakit tentu tidak produktif. Oleh karena itu, perusahaan harus peka terkait jaminan kesehatan karyawannya; salah satu tujuan jangka pendeknya adalah produktivitas kerja agar tetap lancar.8. Sediakan fasilitas yang menyenangkan

Percaya atau tidak, fasilitas yang nyaman akan membuat orang betah berlama-lama di kantor. Tidak hanya sekadar fasilitas fisiknya, tapi bagaimana kenyamanannya. Soal fasilitas, lebih karena dedikasi yang diberikan karyawan memang layak diganjar dengan sesuatu yang setimpal. (mashable.com)