5 Cara Hilangkan Jenuh di Kantor

Ade Sulaeman

Penulis

5 Cara Hilangkan Jenuh di Kantor

Intisari-Online.com - Hal-hal kecil ini bisa Anda lakukan untuk menghilangkan rasa jenuh di tempat kerja:

1. Fokus dan bersibuk diri dengan tugas yang diberikan

Setiap kali Anda mengawali tugas, anggaplah sebagai tugas baru, karena tidak ada tugas yang persis sama dari waktu ke waktu, tentunya tetap ada perbedaan dari tugas-tugas audit yang Anda laksanakan.

Bisa dalam hal beda contact person, beda perusahaan, beda situasi perusahaan, beda iklim kerja, yang menuntut Anda fokus menuntaskan tugas tersebut dengan sempurna.

Di saat kita mulai fokus dan asyik mengerjakan tugas kita, di situlah rasa jenuh hilang, karena kita mulai mengerahkan seluruh perhatian kita pada tugas tersebut.

2. Laksanakan tugas-tugas penting yang saat ini tidak genting

Bila kita sudah menyelesaikan tugas utama kita, Anda bisa melanjutkan menuntaskan hal-hal yang penting namun tidak genting. Dalam arti, bila dilakukan sekarang, Anda akan merasakan efek positifnya di saat-saat mendesak Anda membutuhkannya.

Dan bila tidak dilakukan dari sekarang, kegiatan Anda bisa sangat terganggu di saat Anda membutuhkannya. Misal: men-cek kembali sertifikasi auditor Anda, apakah masih valid tanggal berlakunya, merapikan arsip, menyelesaikan tugas-tugas administrasi dan report rutin, cek kesehatan yang mendukung kelancaran kerja, dan sebagainya.

Melakukan hal-hal yang terkesan “remeh” namun penting ini, akan membuat Anda lupa dengan kejenuhan Anda.

3. Mendisiplinkan diri untuk datang kerja tepat waktu atau lebih awal

Dengan membiasakan diri datang lebih awal, Anda bisa melakukan pemanasan dulu sebelum mulai bekerja, seperti membereskan tempat kerja, merapikan penampilan, menyapa orang-orang di sekitar, semua kegiatan ringan sebelum mengawali kerja, yang bisa meningkatkan semangat Anda di hari itu.

Bila Anda membiasakan datang terlambat, rasa jenuh yang potensial sudah ada pada diri Anda dapat semakin berkembang.

4. Menawarkan diri untuk menjadi mentor bagi rekan kerja yang lebih junior

Dengan jam kerja Anda yang sudah panjang, tentunya Anda dapat berbagi keterampilan dan pengetahuan kerja pada rekan kerja yang lebih junior, yang belum berpengalaman mengerjakan tugas-tugas di bagian Anda, dengan menawarkan diri menjadi mentor.

Sehingga Anda bisa mengasah soft skills Anda sebagai mentor. Kegiatan ini pun bisa menghilangkan kejenuhan atas rutinitas kerja.

Selamat mencoba, semoga Anda segera menemukan kembali antusias kerja Anda.

Career Expert: Donna Turner

(Precilia Meirisa/chicmagz.com)