Penulis
Intisari-Online.com - Ketika melamar, tidak diragukan lagi bahwa surat lamaran yang ditulis dengan baik akan mendapatkan perhatian perusahaan. Dengan fokus dan perencanaan yang bagus, surat lamaran kunci penting untuk mendapatkan pekerjaan."Banyak pelamar berpikir surat lamaran sudah basi, namun 91% bos perusahaan masih menganggap penting," menurut Diane Domeyer, executive director di staffing firm The Creative Group. "Ketika surat lamaran dibaca, atasan ingin tahu apa keinginan sang pelamar dan kontribusi apa yang bisa diberikan bagi pertumbuhan dan kesuksesan perusahaan," ungkap Diane. Lalu bagaimana surat lamaran pekerjaan yang bagus?Tulis khususSemua surat lamaran harus ditulis khusus untuk posisi khusus. Jangan menggunakan kalimat-kalimat template dari berbagai situs yang menyediakan template surat lamaran pekerjaan. Buatlah dengan bahasa khusus yang sesuai dengan posisi yang Anda incar.Cari nama dan jabatan penerima surat agar di awal surat tidak perlu memakai "Kepada bapak/ibu" lalu jelaskan secara spesifik kenapa Anda mengincar posisi yang dibuka tersebut. Sebutkan referensiJika punya referensi dari dosen atau atasan di perusahaan sebelumnya harus disebutkan sebab itu menjadi kelebihan tersendiri. Sebaiknya minta izin terlebih dahulu dari orang yang akan Anda tulis sebagai referensi.Tulis dengan telitiPeriksa setiap kata dan kalimat, jangan sampai ada kesalahan atau sesuatu yang membingungkan sebab ini surat yang penting. Bagian penerimaan pegawai umumnya sibuk sekali dan tidak ada waktu membaca surat yang terlalu panjang. (Businessnewsdaily)