Find Us On Social Media :

14 Kebiasan Orang yang Terorganisir (2)

By Ade Sulaeman, Selasa, 1 April 2014 | 08:00 WIB

14 Kebiasan Orang yang Terorganisir (2)

Intisari-Online.com - Meski Anda tidak terlahir sebagai orang yang teroganisir, kabar baiknya, Anda ternyata bisa kok menjadi orang seperti itu. “Selain gen, hal itu bisa dipelajari,” kata Annette Reyman, presiden National Association of Professional Organizers dan CEO All Right Organizing and All Right.

Ada beberapa pola kebiasaan yang seringkali dilakukan orang yang terorganisir, yang dapat ditiru. Seperti yang dituliskan Huffingtonpost.com berikut ini:

Harus Sesuai Daftar

Orang terorganisir benar-benar berhubungan dengan komitmen mereka. Tak peduli waktu dan energi yang sudah terbuang, jika ada sesuatu hal yang tidak berjalan sesuai dengan rencana, mereka akan terus “mengejarnya”. Maka tak jarang, orang seperti itu sering mengalami kesulitan tidur, kurang tidur, atau bahkanstres.

Harus Sekarang!

Mereka tidak suka menunda pekerjaan. Apa yang bisa dikerjakan saat ini, memang sudah seharusnya dikerjakan. Kalau bisa, lebih cepat lebih baik.

Penuh Persiapan

Mereka selalu mempersiapkan diri untuk hal apapun dan di manapun. Ini bukan berarti mereka selalu menyelesaikan pekerjaan jauh sebelum jatuh tempo. Mereka “bersiap” hanya untuk mengetahui berapa banyak waktu yang mereka miliki untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Kadang Minta Bantuan

Orang terorganisir tahu kekuatan dan kelemahan mereka, dan mereka juga mau mendelegasikan pekerjaan sesuai dengan kemampuannya dan orang yang didelegasikan. “Mereka tahu bahwa mereka tidak harus melakukan semuanya sendiri,” kata Reyman. Ini juga demi menghindari stres.

Unitask

“Orang-orang mungkin berpikir, mereka benar-benar produktif dan multi-taskers,” kata Ballard. Tidak. Kenyataannya, mereka tidak demikian. Mereka justru bekerja dengan cara yang lebih efisien, efektif, dan terorganisir. Mereka akan fokus pada pekerjaan utama saja.