Find Us On Social Media :

Trik Mendekati Sekelompok Orang yang Sedang Asik Berbincang-bincang

By Birgitta Ajeng, Rabu, 9 April 2014 | 15:00 WIB

Trik Mendekati Sekelompok Orang yang Sedang Asik Berbincang-bincang

Intisari-Online.com - Mungkin Anda merasa kesulitan untuk mendekati sekelompok orang yang sedang asik berbincang-bincang pada sebuah acara. Padahal hal itu tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Anda hanya memerlukan sedikit kejelian dalam mengamati suasana dan menerapkan beberapa teknik sederhana di bawah ini, yang ditulis Andrew Leigh dalam bukunya berjudul Charisma Effect : Agar Siapa pun Terkesima dan Terkesan Kepada Anda.

1. Pertama-tama, cobalah berdiri sendiri tanpa ditemani siapa pun, jangan cemas atau risau. Anda tidak usah terburu-buru untuk bergabung dengan kelompok mana pun.

(Baca juga: Tips Bagi Pencari Kerja dalam Membangun 'Networking')

2. Pilihlah kelompok yang akan Anda dekati, dan perhatikan baik-baik intensitas percakapan mereka.

3. Jika orang-orang itu sedang berbincang dengan akrab seperti terlihat dari kontak mata dan bahasa tubuh mereka yang serius, jangan mendekat secara langsung.

4. Tunggulah dari jarak yang aman dan waspadailah kalau terjadi penurunan intensitas percakapan mereka. Kalau Anda melihat tanda-tanda itu, dekatilah mereka.

5. Sebagai langkah awal, ikuti percakapan mereka melalui bahasa tubuh dan geraka mata Anda, sekadar untuk menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan percakapan mereka. Dengan menyimak pembicaraan mereka, lambat laun Anda pasti memahami topiknya. Anda boleh mengajukan beberapa pertanyaan untuk menunjukkan ketertarikan Anda.

(Baca juga: 5 Hal Umum yang Membahayakan Karir Anda)

6. Jangan mengubah tempo pembicaraan, menyela atau memotong pembicaraan orang lain.

7. Ulurkan tangan Anda untuk bersalaman kalau orang-orang itu menoleh kepada Anda dan mulai tertarik untuk mengetahui Anda secara lebih dekat. Kalau ada hal penting yang harus Anda katakan kepada mereka, sampaikan segera.

Mendekati sekelompok orang yang sedang asik berbincang-bincang pada sebuah acara sangat penting untuk membangun networking.