Find Us On Social Media :

Tiga Cara Agar Sukses Wawancara Kerja

By Chatarina Komala, Minggu, 27 April 2014 | 12:00 WIB

Tiga Cara Agar Sukses Wawancara Kerja

Intisari-Online.com - Wawancara adalah salah satu tahapan seleksi yang kerap menjadi penilaian atas kepribadian dan kualitas diri Anda sebagai calon karyawan. Salah langkah sedikit, maka wawancara kerja bisa gagal. Berikut adalah tiga hal yang bisa Anda dilakukan agar wawancara kerja berjalan dengan sukses.(Baca juga: Keberuntungan Anda Bergantung Saat Wawancara)

1. Mulai dengan kelebihan 

Ingatkah akan tokoh Chris Gardner dalam The Pursuit of Happines? Ia mengatakan, seseorang harus mengawali dari yang di atas barulah turun ke bawah. Jadi, mulailah dengan memaparkan kelebihan, kemudian mengungkapkan sedikit kekurangan Anda. Namun, Anda harus tetap berhati-hati. Cara Anda menghormati, dan memberi keterangan yang jelas selama proses wawancara biasanya langsung menjadi penilaian HRD terhadap diri Anda.

2. Belajar menyimak

Menurut Amanda Abella, seorang pelatih karier, menyimak adalah alat latihan yang baik, sebaik keterampilan yang Anda milik."Seni bercakap terletak pada kecakapan menyimak, begitu pula dalam wawancara kerja. Mengerti kapan harus berbicara, kapan harus berhenti bicara, dan kapan harus bertanya," ungkapnya. Jika saat ini sedang belajar wawancara kerja, jangan hanya menyiapkan jawaban untuk pertanyaan "Ceritakan tentang diri Anda" atau "Kenapa Anda menginginkan pekerjaan ini?" Namun, berlatihlah menyimak dengan penuh perhatian dan mendalam tanpa menginterupsi.(Baca juga: Tips Wawancara Kerja untuk Lulusan Baru

3. Fokus pada bahasa tubuh

Ini adalah salah satu faktor penting yang diperhatikan orang lain untuk menilai diri Anda. Mulai dari kepribadian hingga ketertarikan Anda. "Bahasa tubuh menjadi pokok perhatian selama wawancara kerja," kata Abella.  Penting untuk memperhatikan postur, gerak tangan, dan semuanya yang bisa menunjukkan bahwa Anda santai tapi juga percaya diri.

(Bestari Kumala Dewi/Equita Maulidya/ Chicmagz)