Find Us On Social Media :

Inilah Manfaat Musik saat Bekerja

By Axel Natanael Nahusuly, Jumat, 9 Mei 2014 | 07:30 WIB

Inilah Manfaat Musik saat Bekerja

Intisari-Online.com - Tanpa batasan genre, musik merupakan simfoni sarat makna dalam kehidupan manusia. Musik tak hanya dianggap sebagai suatu unsur yang menghibur, tapi juga mampu menciptakan gairah dan semangat. Salah satu manfaat musik saat bekerja ialah dapat menjaga fokus.

Apabila Anda termasuk dari sejumlah orang yang sulit berkonsentrasi. Musik bisa menjadi alunan untuk mengarahkan perhatian Anda pada pekerjaan. Pada bukunya yang berjudul The Healing Energies of Music, Hal A. Lingerman menyarankan untuk menuntaskan persoalaan tersebut dengan cara bekerja sembari mendengarkan musik klasik.(Baca juga: Benarkah Musik Jazz Bisa Membuat Rasa Makanan Lebih Enak?

Studi yang dilakukan oleh Hal, menemukan bahwa bunyi musik dapat menyentuh bagian otak yang mengatur konsentrasi dan membuatnya lebih cepat bekerja. Hal tersebut dapat terlihat jelas dari FMRI (Functional Magnetic Resonance Imaging), yang membuktikan bahwa musik klasik era Barok dapat membuat otak berfungsi secara maksimal. Berbagai informasi dalam memori juga ditemukan tersimpan lebih rapi dan teratur.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Nobuo Masataka, Professor, Japan’s Kyoto University, menjelaskan bahwa musik klasik karya Mozart memudahkan seseorang tambah cerdas. Pasalnya, senandung Mozart yang bergulir memiliki ketukan nada yang mampu meningkatkan performa otak.

Bahkan, manfaat musik saat bekerja atau belajar seperti musik Mozart diklaim lebih efektif dibandingkan melakukannya di dalam ruangan yang sunyi, alias tanpa bunyi dan suara sama sekali! (Kompas)