Find Us On Social Media :

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Negosiasi Gaji

By Birgitta Ajeng, Minggu, 11 Mei 2014 | 18:00 WIB

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Negosiasi Gaji

Intisari-Online.com - Naik gaji atau mendapat kenaikan pangkat adalah hak setiap karyawan. Selama bisa memberikan alasan yang tepat mengapa Anda pantas mendapatkan kenaikan gaji, tak ada salahnya mengajukan diri. Berikut adalah 3 pertimbangan sebelum negosiasi gaji seperti yang diungkap The Huffington Post:

(Baca juga: 5 Langkah Sukses Mejadi Bos untuk Diri Sendiri)

1. Pertahankan tawaranJika atasan bersedia melakukan negosiasi, itu tandanya mereka tetap ingin Anda berada dalam tim. Tak ada orang yang rela melepaskan karyawan terbaik hanya gara-gara gaji. Jika perusahaan memang sedang tidak ada anggaran, mungkin Anda bisa melakukan negosiasi pada hal lain. Misalnya, kontrak tertulis yang menyebutkan Anda akan mendapatkan kenaikan sekian persen berdasarkan performa tertentu.

2. Lakukan secara tertulisPastikan semuanya dilakukan secara tertulis. Meski Anda sudah bekerja cukup lama di perusahaan tersebut, Anda tak akan tahu apakah apa yang dijanjikan pasti akan dipenuhi atau tidak.

(Baca juga: Bagi Pegawai, Bisa Bekerja Jarak Jauh Merupakan Hal yang Positif)

3. Minta dua kali lipatSaat Anda meminta kenaikan gaji atau negosiasi gaji di perusahaan baru, biasanya mereka akan berusaha menawar. Karena itu tak ada salahnya menyebutkan jumlah yang diminta dua kali lipat. Jika permintaan tersebut dikabulkan, tentu hebat. Jika tidak, angka yang disepakati biasanya berada di tengah-tengah dan sesuai dengan harapan Anda.

Nah, itu tadi pertimbangan sebelum negosiasi gaji. Semoga bermanfaat!

(tribunnews.com)