Find Us On Social Media :

Inilah Pilihan Profesi di Dunia Film

By Birgitta Ajeng, Kamis, 15 Mei 2014 | 17:00 WIB

Inilah Pilihan Profesi di Dunia Film

Intisari-Online.com - Anda penggila film dan tertarik berkecimpung di dunia perfilman? Profesi di dunia film tak sebatas menjadi aktris, aktor, atau sutradara saja kok. Ada banyak profesi yang bisa dicoba, walau masih minim pengalaman.

1. Movie reviewer

Menurut survei terbaru dari totaljobs.com, inilah profesi yang paling diminati dalam dunia film, yaitu pembuat resensi film. Kita dibayar untuk menonton film-film sepanjang hari dan memilih scene mana saja yang sekiranya akan menarik perhatian penonton. Tantangannya adalah kita dituntut memiliki taste yang baik untuk mengiklankan sebuah film, paham betul jalan ceritanya, sehingga bukan tak mungkin kita menonton film yang sama sebanyak puluhan kali.

(Baca juga: 6 Cara Mudah untuk Bangun Pagi)

2. Scriptwriter

Pernah terharu dengan kata-kata indah yang diucapkan dalam film drama? Ya, itulah tugas seorang penulis naskah. Bila ada sehalaman cerita, penulis naskah harus mampu mengembangkannya menjadi dialog hidup yang panjangnya bisa setebal novel (tergantung durasi film). Tak hanya kemampuan menulis yang dibutuhkan, tapi juga kemampuan imajinasi agar dialognya masuk di hati. Bukan tak mungkin, dari seorang penulis naskah, jenjang karier sebagai sutradara terbuka lebar.

3. Media publicity

Sebuah film juga membutuhkan promosi agar bisnisnya hidup. Nah, kalau kita tak terlalu mengerti tentang seluk-beluk pembuatan film, kita tetap bisa memiliki profesi di dunia film dengan menjadi media publicity. Tugasnya ialah memilih media mana yang cocok untuk mempromosikan film, entah itu dalam bentuk resensi, kerja sama nonton bareng, atau iklan. Yang pasti, media tersebut harus mampu memberikan efek bisnis yang baik untuk film yang kita pegang.

(Baca juga: 5 Langkah Melawan Rasa Lelah yang Berlebihan)

4. Wardrobe stylist

Di balik setiap pakaian yang dikenakan sang aktor, di sana ada tangan dingin seorang wardrobe stylist. Tugasnya ialah mencari vendor-vendor fashion yang akan diajak bekerja sama, meminjam pakaian, hingga membeli pakaian yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki film tersebut. Wardrobe stylist juga harus tahu siapa segmen cerita dalam film untuk menghindari saltum.

Tertarik untuk memilih salah satu profesi di dunia film yang disebutkan di atas? (chicmagz.com)