Find Us On Social Media :

Ini Karakter Generasi Y dan Generasi Sebelumnya

By Birgitta Ajeng, Senin, 9 Juni 2014 | 07:00 WIB

Ini Karakter Generasi Y dan Generasi Sebelumnya

Intisari-Online.com - Generasi Y semakin banyak memasuki dunia kerja. Generasi milenium ini menjadi sumber daya manusia yang nyatanya memang dibutuhkan perusahaan. Tapi bagaimana sih karakter generasi Y dan generasi sebelumnya? Berikut ini empat pembagian generasi.

1. Generasi Veteran (lahir 1922 – 1945)

Mereka biasanya tepat waktu saat datang ke kantor. Hormat kepada orang yang lebih senior, karena mereka menganggap proses dan pengalaman yang didapatkan dengan susah payah dari bawah sangat penting. Dalam berkomunikasi, lebih memilih tatap muka dibandingkan memakai SMS atau e-mail.

(Baca juga: Ini Kata Terlarang Saat Wawancara Kerja)

2. Generasi Baby Boomers (lahir 1946 – 1964)

Mereka memiliki etika kerja yang kuat, walau tidak selalu setia di satu perusahaan tertentu. Menurut mereka, pelajaran paling berharga dalam hidup adalah pengalaman. Gaya manajemennya sangat bersemangat dan penuh pertimbangan. Selalu siap ditelepon kapan saja untuk urusan pekerjaan. Selalu memperhatikan e-mail dan pesan suara, tapi baru akan merespons di akhir hari.

3. Generasi X (lahir 1965–1980)

Pendidikan dan kreativitas adalah segalanya. Mereka berpikir, jika memang memiliki kemampuan yang luar biasa, mengapa harus memulai karier dari bawah? Semangat kerjanya begitu keras dan tidak ragu untuk pindah ke perusahaan lain apabila ada penawaran yang lebih menarik. Keseimbangan antara bekerja dan kehidupan pribadi merupakan hal penting. Jika diberikan kebebasan, akan semakin termotivasi untuk mengeluarkan kreativitas. Cara komunikasi yang disukai adalah e-mail dan sejenisnya.

(Baca juga: Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Negosiasi Gaji)

4. Generasi Y (lahir 1981 – 2000)

Sangat percaya bahwa mereka memiliki ide-ide hebat. Akan melakukan segala hal yang dianggapnya baik agar hasil tercapai. Suka dengan tempat kerja dengan suasana nyaman, tapi terkadang mudah bosan. Ada yang lebih suka bekerja di rumah, asalkan tugas selesai dengan baik. Dalam manajemen, lebih suka mengatur secara online dengan alat-alat yang bisa membantunya bekerja lebih efisien. Begitu pula dalam berkomunikasi, lebih suka menggunakan pesan instan di ponsel dan tak harus selalu melakukan tatap muka.

Nah, itu tadi karakter generasi Y dan sebelumnya. Semoga bermanfaat.