Find Us On Social Media :

Hal-hal yang Tidak Boleh Dikatakan Pada Bos Anda!

By Inasshabihah, Rabu, 11 Juni 2014 | 07:00 WIB

Hal-hal yang Tidak Boleh Dikatakan Pada Bos Anda!

Intisari-Online.com. - Bicara dengan atasan Anda cukup sulit, dan membuka mulut hanya untuk mengatakan sesuatu yang tidak seharusnya? Jangan sampai. Sedekat apapun Anda dengan bos, sebaiknya atur perkataan yang keluar dari mulut Anda. Agar tak keceplosan, perhatikan dulu 7 hal yang tidak boleh dikatakan kepada bos Anda berikut ini.1. "Itu tidak mungkin"Mengatakan bahwa sesuatu itu tidak mungkin bahkan tanpa benar-bena melakukannya, itu hanya membuat Anda jadi rendah depan bos. Justru sebaiknya Anda menjadi pemberi solusi. Berkonsentrasilah pada apa yang dapat Anda lakukan, bukan apa yang tidak bisa. Jangan menjadi orang yang serba tidak mampu. Ingat, Anda dipekerjakan tidak untuk berkata, "Maaf, saya tidak bisa melakukannya".(Baca juga: Hindari Kata-kata Ini Saat Menghadapi Anak Buah)2. "Oh tapi saya yakin X, Y, atau Z dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dari saya."Pernyataan di atas bukanjalan keluar. Jika bos mendekati Anda untuk membicarakan ide-ide atau pemecahan masalah, maka tugas Anda bukan menyerahkannya ke orang lain. Terimalah tugas dari atasan sebagai tantangan agar Anda dapat menempatkan diri dengan baik. Siapa tahu, Anda bakal dipromosikan nantinya.3. "Wah, saya sepertinya sangat mabuk”Tidak peduli seberapa dekat Anda dengan bos Anda, Anda perlun berpikir dalam bertindak, sebelum Anda masuk ke dalam kantor Anda. Kalaupun Anda memang sedang dalam pengaruh alkohol akibat bersenang-senang, tetap perhatikan penampilan. Rapikan rambut Anda, singkirkan “karung” di bawah mata, dan lakukan sesuatu untuk mengurangi sakit kepala. Tak perlu cerita pada bos bahwa Anda habis bersenang-senang semalam.4. "Saya pikir sudah waktunya saya naik jabatan"Jabatan atau promosi tidak mencari Anda. Tidak ada gunanya mengatakan itu pada bos Anda. Anda akan dipromosikan atau dinaikkan jabatannya setelah bos melihat potensi yang Anda punya. Promosi akan datang jika Anda bekerja keras.5. “Tau nggak sih, Bos. Si dia itu…. blablablaTak tepat menggosipkan sesama pegawai kantor dengan bos, apalagi jika kebenarannya belum pasti. Selain tak ada gunanya, bos Anda justru bisa mencap Anda buruk, lho.(Baca juga: Tips Menghindari Gosip di Kantor)6. “Saya bosan”Jangan pernah katakan itu pada bos Anda. Jika memang pekerjaan Anda membosankan atau terlalu mudah, carilah aktivitas lain. Misalnya, Anda bisa kok membantu pegawai lain dengan sukarela mengerjakan hal-hal penting meski itu bukan job desk Anda. Obati kebosanan Anda. Tahu tidak, Angry Birds lahir berkat kebosanan seorang pegawai di kantornya, lho! 7. “Maaf, saya izin pulang cepat”Sebaiknya Anda tidak mengungkit apa kegiatan Anda di luar kantor, dan menjadikannya alasan agar bisa pulang lebih awal. Atasan Anda tidak mau tahu, karena baginya yang penting pekerjaan Anda haruslah beres tepat waktu. Itulah 7 hal yang tidak boleh dikatakan kepada bos Anda. Semoga bermanfaat! (magforwomen/marketeers)