Find Us On Social Media :

Mengapa Banyak Orang Tidak Kaya?

By Birgitta Ajeng, Senin, 23 Juni 2014 | 18:30 WIB

Mengapa Banyak Orang Tidak Kaya?

Intisari-Online.com - Apakah Anda pernah berpikir mengapa banyak orang yang tidak kaya. Atau justru pertanyaan tersebut lebih tepat ditujukan kepada diri kita sendiri. Dalam bukunya yang berjudul Ngapain Nunggu Tua Kalau Mau Kaya, Ari Chandra Kurniawan, mengungkapkan beberapa alasan mengapa banyak orang tidak kaya, yaitu:

1. Takut

Kebanyakan orang merasa takut menjadi orang kaya karena dihantui oleh beragam perasaan. Misalnya, takut gagal ketika berusaha, takut mengambil risiko. Ketika sudah kaya takut dibilang sombong, pelit, takut bayar pajak, takut putus silaturahmi, dll.

(Baca juga: 8 Cara Mengasah Kosakata Agar Bisa Berbicara Tenang di Depan Banyak Orang)

2. Doktrin

Berhubungan dengan penjelasan pertama, sebelum orang takut mengambil tindakan, ada faktor lain yang membuatnya takut, di antaranya adalah doktrin. Misalnya, mitos yang menganggap orang kaya sering dicurigai korupsi, atau lain sebagainya. Padahal bisa jadi orang kaya karena warisan atau punya beberapa perusahaan. Doktrin lainnya adalah jika ingin kaya perlu bakat, modal besar, kerja keras, pendidikan tinggi, harus punya banyak teman, dan lain-lain.

3. Tidak ada keinginan

Ternyata ada juga orang yang tidak mau kaya. Entah alasannya karena keyakinan atau hanya pembenaran atas sifat malasnya. Ada juga yang merasa repot jika harus jadi orang kaya karena sibuk, harus mengurus ini dan itu. Orang tipe ini merasa tidak perlu kekayaan karena sudah merasa cukup puas. Mereka inilah yang disebut berada dalam zona nyaman.

(Baca juga: 5 Tips Produktif Di Kantor)

4. Tidak tahu cara kaya

Ilmu tentang uang, mencari kekayaan, atau bagaimana strategi meraih sukses belum terdapat pada kurikulum pendidikan kita, sehingga masyarakat banyak yang tidak mengerti caranya. Selama kurang lebih 15 tahun kita mengenyam pendidikan, tidak diajari cara mencari uang.

5. Mentalitas rendah

Biasanya orang seperti ini memang memiliki “urat” susah. Mentalitas yang rendah antara lain seperti mudah menyerah, percaya pada nasib, tidak jujur, tidak disiplin, NATO (No Action Talk Only), tidak memiliki integritas, pesimistis, dan lainnya.

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa banyak orang tidak kaya. Semoga bermanfaat.