Find Us On Social Media :

4 Cara Menjadi Negosiator Andal

By Birgitta Ajeng, Jumat, 27 Juni 2014 | 08:30 WIB

4 Cara Menjadi Negosiator Andal

Intisari-Online.com - Seseorang yang mampu memenangkan negosiasi dan meninggalkan lawan bicara dengan perasaan senang, karena dia juga merasa senang, adalah negosiator yang cerdas. Ada dua faktor yang menentukan tercapainya kesepakatan bersama, yaitu bahasa tubuh dan bahasa lisan. Berikut ini ada empat cara menjadi negosiator andal.

1. Memiliki strategi

Dalam bernegosiasi, sebaiknya seseorang perlu punya banyak strategi dan taktik. Dengan adanya strategi akan membantu seseorang melakukan pendekatan terbaik agar bisa mencapai tujuan. Sedangkan taktik adalah langkah-langkah teknis untuk mendukung strategi. Negosiasi akan berjalan lambat dan tanpa arah yang jelas tanpa strategi dan taktik.

(Baca juga: 7 Karakteristik Orang yang Mempunyai Jiwa Bisnis dan Sukses Berbisnis)

2. Kendalikan emosi

Selain itu, cara menjadi negosiator andal adalah mampu mengendalikan emosi. Salah satu kunci keberhasilan orang bernegosiasi adalah mampu mengendalikan emosi. Negosiator harus mampu mengendalikan emosinya, tidak mudah marah saat negosiasi berlangsung alot, ketika lawan bicaranya tidak kooperatif. Sebetulnya, saat bernegosiasi, kecerdasan emosional seseorang diuji, sejauh mana dia mampu mempengaruhi orang lain dalam kondisi apapun. Dalam bernegosiasi, seseorang perlu menguasai keterampilan komunikasi agar bisa memenangkan setidaknya 50 persen dari negosiasi.

3. Menyimak lawan bicara

Sangat penting menyimak lawan bicara saat bernegosiasi. Jika berbicara mengenai analisis, itu berarti mereka sedang menyampaikan apa yang dipikirkannya. Sedangkan jika mereka berbicara dengan nada bertanya atau menyelidik, maka kita harus bisa memberikan penjelasan dan meyakininya. Saat negosiasi berlangsung, biasanya mereka juga akan menyampaikan apa yang menjadi harapannya. Ini penting, sebagai bekal untuk mendapatkan hasil yang memuaskan kedua belah pihak nantinya.

(Baca juga: 4 Ciri Pemimpin yang Mampu Melayani)

4. Siap bertanya

Adanya pertanyaan akan membuat suasana proses negosiasi menjadi lebih hidup dan bahkan menghasilkan ide-ide baru. Dengan bertanya, selain kita terlihat memerhatikan lawan bicara, mereka juga akan melihat kemampuan kita mengelola proses negosiasi. Perlu diketahui juga, negosiasi bukanlah proses tawar-menawar, melainkan sebuah proses menyatukan alur pemikiran di mana kedua pihak punya kedudukan sama penting.

Nah, itu tadi empat cara menjadi negosiator andal. Semoga bermanfaat. (chicmagz.com)