Find Us On Social Media :

5 Langkah Networking yang Tepat Bagi Kaum Introvert

By Mohamad Takdir, Rabu, 6 Agustus 2014 | 10:00 WIB

5 Langkah Networking yang Tepat Bagi Kaum Introvert

Intisari-Online.com - Jacqueline Whitmore, ahli etiket dan penulis Poised for Success: Mastering The Four Qualities That Distinguish Outstanding Professionals (St. Martin's Press, 2011), mengatakan bahwa kaum introvert akan tertantang untuk melakukan networking. "Mereka yang introvert lebih bisa bekerja dalam lingkungan kecil yang sudah dikenal," ungkap Jacqueline. Inilah lima langkah networking yang tepat bagi kaum introvert: 1. Atur harapanMereka yang introvert sebaiknya mengatur harapan mereka. Jangan terlalu berlebihan. Kualitas lebih penting dari kuantitas.

(Baca juga: Beda Otak Introvert Dan Ekstrovert)2. Waktu yang tepatPastikan komunikasi berlangsung efisien. Jangan sampai berlama-lama mengobrol sampai tidak tentu arah. Tentukan kapan berhenti. Ini akan membuat mereka yang introvert nyaman.3. Gunakan teman bersamaJika hendak bertemu seseorang, cari teman bersama yang sudah dikenal. Jika diperkenalkan maka akan lebih mudah untuk berkomunikasi.

(Baca juga: 10 Mitos Soal Introvert)

4. Keahlian mendengarkan Gunakan keahlian mendengarkan yang sangat bagus dari kaum introvert. Dengarkan apa kata lawan bicara. Keahlian ini membantu mereka yang introvert dalam menjalin hubungan.5. BerlatihBerlatihlah dalam berkomunikasi. Harus ambil risiko untuk melatih kemampuan komunikasi. Jangan terburu-buru, lakukan perlahan-lahan. Setelah bisa, mereka yang introvert akan nyaman.Lima langkah networking yang tepat bagi kaum introvert ini sangat penting untuk dipraktekkan mereka yang tidak nyaman berbicara dengan orang asing, sebab networking membutuhkan banyak komunikasi. (Businessnewsdaily)