Find Us On Social Media :

Bisnis Tanaman Hias Masih Menggairahkan

By UG DANI, Selasa, 6 Desember 2011 | 12:00 WIB

Bisnis Tanaman Hias Masih Menggairahkan

Intisari-Online.com - Menjual tanaman hias menjadi alternatif pengisi waktu luang bagi sebagian orang di sela kesibukan sehari-hari. Usaha tanaman hias, selain ramah lingkungan, juga berkembang pesat sehingga memiliki peluang menambah penghasilan Anda. Cobalah Anda menyusuri Jalan Raya Bogor mulai dari Cibinong sampai Ciluer Bogor. Akan terlihat banyak pedagang hias.

Pangsa pasar termasuk lumayan. Terlihat di akhir pekan banyak yang menyambangi kios-kios tanaman hias ini. Harga tanaman bervariasi, dari yang murah sampai mahal. Ini menandakan bahwa peminat tanaman hias pun beragam. Bagi para penyuka tanaman, harga tidak menjadi masalah. Yang penting, apa yang mereka suka bisa didapatkan.

Jika Anda tertarik melirik bisnis ini, Anda harus mempersiapkan diri untuk lebih teliti dan telaten dalam merawat dan membudidayakan tanaman hias. Namun jangan lantas keder, sebab kita bisa bertanya ke pedagang-pedagang tanaman hias untuk saling berbagi pengalaman. Komunitas pecinta tanaman hias pun mulai bermunculan. Jika masih kurang bisa menyambangi toko buku. Buku tentang pembudidayaan maupun cara merawat tanaman hias mudah kita temui.

Untuk pemasaran tidak perlu bingung. Sekarang ini masyarakat sudah sadar lingkungan. Lihat saja situs-situs tentang penghijauan. Indonesia berkebun dan Sinar Tani merupakan salah satunya. Sedangkan untuk lahan bisa menggunakan rumah Anda terdahulu. Di pekarangan rumah atau membuat dak khusus.

Sebagai awalan Anda bisa mencoba dengan satu atau dua jenis tanaman hias terlebih dahulu. Setelah berkembang baru mencoba tanaman jenis lainnya. Kalaupun tidak laku, setidaknya Anda bisa menghijaukan lingkungan dan menghilangkan stres.