Find Us On Social Media :

Perempuan Indonesia Takut Pakai Kartu Kredit

By Ade Sulaeman, Minggu, 5 Mei 2013 | 07:00 WIB

Perempuan Indonesia Takut Pakai Kartu Kredit

Mayoritas perempuan Indonesia (92%) tidak memiliki kartu kredit. Tentunya dengan berbagai alasan. Namun alasan yang paling umum (71%) adalah mereka takut terbelit hutang. Alasan lain para perempuan Indonesia tidak memiliki kartu kredit adalah mereka terbiasa untuk membayar tunai (58%) atau tidak tahu capa membuat kartu kredit (18%).

Meski demikian, tetap ada segelintir (2%) perempuan yang memiliki banyak kartu kredit. Ingin tahu jumlahnya? 6 kartu kredit! Kebanyakan dari mereka beralasan memiliki lebih dari satu kartu kredit karena berharap bisa menggunakan kartu kredit di lebih banyak gerai (81%) atau bisa menikmati lebih banyak promo (66%).

Untuk urusan memilih bank, kebanyakan wanita (93%) memilih bank yang memiliki lokasi cabang dan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang paling mudah dijangkau. Hanya sedikit dari wanita Indonesia (27%) yang memiliki lebih dari satu rekening bank. Ada yang memiliki dua rekening (78%), ada pula yang memiliki tiga rekening (20%). Yang menarik, beberapa dari mereka (27%) memutuskan untuk memiliki lebih dari satu rekening karena ingin memperoleh beragam promo.

Sebagian besar (7 dari 10) dari mereka juga tidak terbiasa menggunakan SMS-banking ataupun online-banking. Beberapa alasan mereka antara lain: lebih menyukai transaksi melalui ATM, keamanannya tidak terjamin serta prosedur registrasinya sulit.

Itulah beberapa temuan tentang perilaku perempuan dalam mega survei Indonesia’s Hottest Insight (IHI) 2013 yang dilakukan oleh Kompas Gramedia Majalah. Survei ini melibatkan 9.000 pembaca yang berasal dari sembilan kota besar: Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, Palembang, Denpasar dan Makasar.