Find Us On Social Media :

Anda Boros? Ini Dia Cara Mengatasinya!

By Ade Sulaeman, Jumat, 20 September 2013 | 06:31 WIB

Anda Boros? Ini Dia Cara Mengatasinya!

Intisari-Online.com - Tanpa sadar, kerap kita menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk membeli beberapa produk yang mungkin sebenarnya tidak terlalu kita perlukan. Bingung cara mencegah diri agar tidak boros? Berikut ini tipsnya.

Namun sebelum itu kita harus memahami dulu alasan kita menajadi boros. Biasanya kita boros karena beberapa alasan berikut ini. Pertama, tidak memiliki perencanaan untuk masa depan. Kedua, tidak sadar akan adanya beberapa keperluan finansial lain yang lebih perlu diprioritaskan untuk masa depan seperti pendidikan anak, menunaikan ibadah, menikahkan anak, membuka usaha atau persiapan pensiun.

Lalu, bagaimana caranya agar kita tidak menjadi pribadi yang boros? Berikut caranya! Pertama, sempatkan diri untuk duduk dan berdiskusi dengan pasangan si akhir pekan dan tuliskan rencana-rencana masa depan keluarga untuk 10 hingga 20 tahun ke depan. Kemudian coba perkirakan biaya atau besarnya dana dari semua tujuan atau kebutuhan tersebut. Ini akan menjadi langkah awal, sekaligus langkah paling strategis untuk terhindar dari pemborosan.

Kedua, cobalah untuk selalu membiasakan diri bertanya pada diri sendiri setiap kali ada niat membeli sesuatu. Kemudian pikirkan dalam-dalam: Apakah ini kebutuhan ataukah keinginan? Apabila jawabannya adalah “keinginan” jangan sedikitpun ragu untuk segera membatalkan rencana membeli.

Kalau jawabannya adalah “kebutuhan”, jangan langsung beli. Coba periksa kembali apakah kebutuhan tersebut mendesak dan tidak mengorbankan kebutuhan lain yang lebih diprioritaskan. Ini tentunya lebih praktis untuk dilakukan bukan? (Eko P. Pratomo / 50 Financial Wisdom Seri 1)