Find Us On Social Media :

Kapan Waktu Tepat Membeli Emas? Sekarang atau Nanti?

By Yoyok Prima Maulana, Sabtu, 25 Maret 2017 | 12:45 WIB

Kapan Waktu Tepat membeli Emas?

Intisari-online.com - Banyak orang yang ingin berinvestasi di emas bingung mengampbil putusan; sekarang, atau menunggu harga emas turun. Tapi jika menunda, jangan-jangan minggu depan harganya malah naik. Galau!

Sebenarnya tidak ada rumus pasti kapan waktu yang tepat membeli emas. Tapi, jika bentuknya emas fisik dan untuk disimpan dalam waktu yang lama, waktu yang tepat untuk membelinya adalah sekarang juga.

“Jangan ditunda-tunda. Sebab untuk jangka panjang harga emas cenderung naik,” ujar Budi Raharjo, perencana keuangan dari One Consulting. Tentu saja  dengan syarat dana yang dipakai membeli adalah dana iddle atau dana menganggur.

Sebagai informasi, harga emas dunia trennya selalu naik. Tengok saja, pada 1973 harga emas  106,48 dolar AS/ troy ounce. Pada 2002, 342 dolar AS/ troy ounce dan hari ini ada di kisaran 1323 dolar AS/ troy ounce.

Akan tetapi, jika untuk kepentingan jangka pendek atau berspekulasi, memang harus berhitung dengan matang dalam membeli emas. Karena tujuannya mencari selisih harga jual dan harga beli dalam rentang yang pendek, timing membeli emas harus dihitung dengan cermat.