Find Us On Social Media :

Belanja Bijak: Banjir Tawaran saat Dana Terbatas

By Mayong Suryo Laksono, Sabtu, 9 November 2013 | 16:00 WIB

Belanja Bijak: Banjir Tawaran saat Dana Terbatas

Intisari-Online.com - Kita hidup di tengah masyarakat dengan gaya konsumtif, hendaknya tidak ikut larut dalam pola belanja yang cenderung konsumtif itu. Mungkin beberapa hal ini dapat membantu kita membelanjakan uang atau membeli barang dengan bijak:

Membuat catatan belanja. Dengan membawa catatan kita akan fokus untuk membeli barang-barang yang sudah direncanakan.

Menghindari jebakan merek. Kita pusatkan pada nilai guna suatu barang. Kalau memang ada barang yang lebih murah tapi memiliki kualitas yang sama dengan barang bermerek, kenapa kita tidak membelinya? Dengan begitu kita memiliki kelebihan uang dan dapat

dipergunakan untuk keperluan lain.

Kritislah terhadap iklan. Kita mesti cerdas dan kritis terhadap iklan, karena iklan dapat "menciptakan kebutuhan".

Miliki product knowledge. Tidak ada salahnya kita mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai barang yang akan kita beli. Dengan begitu kita bisa menggunakannya secara optimal.

Membawa uang tunai. Bawalah uang tunai sesuai dengan anggaran daftar belanja. Kalaupun menyiapkan kelebihan sebaiknya hanya

sebagai uang jaga-jaga. Minimalkan pemakaian kartu ATM dan kartu kredit.

Pastikan kita benar-benar membutuhkan. Kalaupun ada barang yang ingin kita beli namun di luar daftar belanja, pastikan apakah barang tersebut benar-benar kita butuhkan. Bila perlu berpikirlah ulang dan kembali beberapa hari kemudian kalau barang itu benar-benar kita butuhkan dan bukan hanya sebuah keinginan. (Sumber Intisari Family Financial Planning)