Find Us On Social Media :

Punya Utang? Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

By Ade Sulaeman, Kamis, 2 Januari 2014 | 16:00 WIB

Punya Utang? Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

Intisari-Online.com - Terbelit utang pasti membuat kita khawatir, bahkan panik. Namun para pakar keuangan memperingatkan Anda untuk tidak membuat masalah utang anda menjadi lebih buruk karena kesalahan umum ini:

1. Membayar cicilan utang kartu kredit hanya sebesar pembayaran minimum dari jumlah utang. Karena hal ini akan membuat utang Anda semakin menumpuk karena bunga yang dihasilkan, dan akan membuat masalah Anda semakin buruk.

2. Mengandalkan teman dan keluarga untuk meminjam uang, karena hal ini dapat merusak hubungan dengan orang-orang yang paling penting dalam hidup Anda. Mereka akan mulai memandang Anda tidak dapat bertanggung jawab dengan keuangan Anda. Apalagi jika kemudian Anda tidak bisa mengembalikan uang mereka.

3. Anda bisa terjebak dengan oknum penagih utang yang menuntut fee atas pelayanan yang mereka janjikan, misalnya keringanan pembayaran utang Anda. Namun, ketika Anda sudah membayar fee tersebut, keringanan utang yang dijanjikan tidak Anda dapatkan.

4. Memanfaatkan pinjaman baru dengan bunga yang tinggi untuk melunasi utang yang suku bunganya lebih rendah. Bukankah akan lebih mudah jika Anda hanya memiliki satu pembayaran utang? Kalau Anda membuat pinjaman baru untuk membayar utang yang lain, sama saja dengan gali lubang tutup lubang. Hal ini juga akan meningkatkan jumlah utang yang harus Anda lunasi.

5. Menyatakan diri bangkrut atau pailit. Perlu Anda ketahui, yang bisa menyatakan diri atau perusahaan Anda pailit adalah lembaga keuangan. Mengaku diri bangkrut justru akan menimbulkan konsekuensi permanen, dan lebih parah untuk masa depan keuangan Anda. Misalnya, karena "kebangkrutan" Anda sudah tercatat di berbagai bank, kelak Anda malah akan kesulitan mengajukan aplikasi kartu kredit baru atau pinjaman tunai.

(Risna Safitri / tabloidnova.com)