Find Us On Social Media :

Tips Agar Tetap Hemat Meski Makan di Restoran

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 26 Februari 2014 | 14:00 WIB

Tips Agar Tetap Hemat Meski Makan di Restoran

Intisari-Online.com - Pergi makan-makan ke luar barangkali menjad salah satu favorit beberapa keluarga. Data dari Bureau of Labor Statistics menyebut, rata-rata keluarga di Amerika Serikat menghabiskan 2.700 dolar AS pertahun untuk jajan di restoran.

Yang perlu menjadi perhatian, memilih makan di luar tak jarang memerlukan bujet yang lebih dalam. Tapi tenang saja, asumsi tersebut bukan patokan tunggal. Berikut ini tips agar tetap hemat meski makan di restoran menurut US News: 

- Tidak setiap anak mendapat satu porsi

Jika kita memiliki beberapa anak kecil, cara mudah untuk menghemat biaya adalah memastikan mereka berbagi makanan. Gampangnya, satu porsi untuk berbanyak. Keputusan ini memungkinkan kita untuk tidak mengeluarkan uang untuk masing-masing satu kepala.

- Manfaatkan penawaran happy hour

Ini mungkin tidak bisa menjadi opsi setiap keluarga, lebih-lebih tiap keluarga memiliki waktu sibuk yang berbeda-beda. Meski demikian, jika ada tawaran happy hour, jangan pernah sia-siakan. Biasanya, tiap restoran memiliki mekanisme happy hour masing-masing.

- Mencari promo

Ada juga beberapa restoran yang memiliki waktu khusus di mana anak-anak bisa dapat menyantap hidangan gratis bersama orangtuanya. Ini mungkin menjadi salusi termudah untuk uang, sementara kita ingin sekali-kali menyantap menu restoran.

Meski demikian, kita harus bisa memastikan perincian promo. Ada yang terbatas untuk beberapa anak saja. Jika demikian, kembalilah ke trik pertama, membagi satu porsi makanan untuk anak-anak.

- Menjadi penggemar

Seiring dengan gencarnya media sosial, beberapa restoran ternama menggunakan Facebook atawa Twitter. Ikuti halamannya, sukailah komen-komennya. Tak jarang ada bagi-bagi kupon gratis bersantap di restoran tersebut.

- Hindari minuman dan hidangan penutup

Mungkin terlihat menyenangkan, ketika di restoran kita memesan minuman serta hidangan penutup. Tapi percayalah, itu hanya akan menambah jumlah tagihan. Soal hidangan penutup, sejatinya itu bisa disiasati dengan membuatnya di rumah setiba dari restoran. 

, sesekali pergi ke restoran mungkin menjadi ide yang brilian untuk menghangatkan kondisi keluarga. Tapi biaya juga tetap harus menjadi pertimbangan jika kita tidak mau dibebani biaya tagihan yang mencengangkan.