Find Us On Social Media :

Tips Mengatur Keuangan Kala Menganggur

By Inasshabihah, Rabu, 9 April 2014 | 16:00 WIB

Tips Mengatur Keuangan Kala Menganggur

Intisari-Online.com. - Apakah Anda baru saja kehilangan pekerjaan? Atau mungkin Anda keluar dari pekerjaan untuk sementara waktu? Jika ya, maka simak tips saat menganggur di bawah ini, agar waktu Anda tak terbuang percuma. 1. Tulis pengeluaran bulanan AndaMulai tulis dengan cermat setiap pengeluaran per bulan. Tidak masalah jika pengeluaran itu secara tunai, debit atau kredit. Tulis saja semuanya. Pada akhir bulan, jumlahkan semua pengeluaran Anda tersebut, lalu cek dan perhatikan untuk apa saja uang Anda dihabiskan. Dengan kondisi menganggur, Anda harus lebih ekstra memilah kemana perginya uang Anda, ya. Seleksi lagi mana yang penting dan tidak.(Baca juga: Menganggur Tapi Bahagia?)2. Lakukan kegiatan “gratis”Meski tak ada pekerjaan tetap, Anda tak boleh berdiam diri, lho. Sayangnya, orang yang menganggur lebih senang duduk di rumah sepanjang hari, berjam-jam di depan komputer untuk online. Padahal ini hanya akan berakibat buruk bagi psikis Anda. Nah, mulai lakukan kegiatan "gratis", tak butuh uang banyak. Alih-alih menjebak diri di rumah dan pengeluaran tak terkendali, lebih baik libatkan diri dalam komunitas atau kegiatan "gratis". Misalnya:

3. Pisahkan “keinginan” dan “kebutuhan”Tips saat menganggur berikutnya adalah perhatikan lagi pengeluaran Anda. Dari semua yang Anda keluarkan, pisahkan keduanya dalam kolom “pengeluaran tetap” dan “pengeluaran tak tetap”. Biarkan “pengeluaran tetap” tertulis apa adanya, karena itu adalah pengeluaran yang tak bisa dihindari. Sekarang, perhatikan “pengeluaran tak tetap”. Biasanya, ini terdiri dari kebutuhan sekunder yang tidak apa-apa jika tidak dipenuhi, lho. Lalu pikir lagi, dimana Anda dapat memangkas pengeluaran itu?Ingat, yang Anda inginkan belum tentu Anda butuhkan. Kendalikan diri Anda sebelum memutuskan membeli ini itu, apalagi di kondisi keuangan yang seret seperti saat ini. (Baca juga: Ini Alasan Anda Tetap Menganggur (1))4. Freelance? Kenapa tidak? Pekerja lepas atau freelancer bisa jadi pilihan bermanfaat saat menganggur. Freelance menjadi pilihan karir yang lumayan menjanjikan. Sebelum tanda tangan kontrak dengan perusahaan manapun, Anda masih bisa bekerja secara mandiri dengan bebas. Freelance juga bisa jadi langkah Anda meniti karir. Selain menjaga kreativitas dan meningkatkan jam terbang, Anda bisa meraup penghasilan yang lumayan, lho.5. Tetap aktif cari pekerjaanMencari pekerjaan lain adalah tugas utama Anda, jadi seriuslah memikirkan ini. Manfaatkan masa-masa menganggur ini untuk mengetahui gairah hidup Anda dan menemukan kembali minat Anda. Banyak universitas menawarkan kelas gratis sepanjang tahun. Beberapa perusahaan juga membuka peluang magang di waktu tertentu. Ikuti saja, siapa tahu ada keuntungan yang bisa Anda ambil dari ini dan Anda dapat menggunakan waktu ekstra untuk mengembangkan keterampilan lainnya.

Itu dia 5 tips saat menganggur. Segera lakukan! Jangan patah semangat, dan bersyukurlah atas semua yang terjadi pada hidup Anda. (Berbagai sumber)