Find Us On Social Media :

Sulit Menabung? Tentukan Saja Tujuannya!

By Ade Sulaeman, Jumat, 2 Mei 2014 | 08:30 WIB

Sulit Menabung? Tentukan Saja Tujuannya!

Intisari-Online.com – Tidak semua orang bisa dengan mudah menyisihkan penghasilannya setiap bulan ke dalam tabungan. Sulit menabung biasanya dialami oleh mereka yang tidak dibiasakan menabung sejak kecil.

Namun, tenang saja, jika Anda termasuk orang yang sulit menabung, maka yang perlu Anda lakukan sekarang adalan menentukan prioritas serta tujuan yang jelas.(Baca juga: Prioritaskan Menabung

Jika Anda telah menetapkan suatu tujuan sebagai prioritas, tentu Anda akan berusaha untuk selalu melawan godaan menggunakan uang untuk hal-hal lain. Contohnya, menangguhkan keinginan membeli gadget, karena prioritas Anda adalah berlibur.

Lalu, tujuan apa saja yang membuat Anda pasti akan menabung?

Pendidikan

Edukasi kini jadi tujuan banyak orang untuk menabung, mengingat biaya pendidikan yang terus meningkat. Tidak heran, orangtua selalu menyisihkan sebagian uangnya untuk tabungan pendidikan anak.

Anda akan mengurangi beban untuk meminjam uang dari bank atau dari orang lain karena mahalnya biaya pendidikan.

Pensiun

Pernahkah Anda bayangkan, berapa lama lagi Anda akan hidup setelah pensiun nanti? Apakah Anda mampu membiayai hidup Anda jika sudah tak punya penghasilan tetap lagi?

Mulailah menabung sedini mungkin, dari semua sumber pendapatan yang Anda miliki. Jika Anda mencapai tujuan-tujuan sederhana tersebut secara konsisten selama tahun-tahun produktif Anda, Anda akan melampaui pencapaian semua orang.(Baca juga: 6 Rahasia Sukses Menabung

Kondisi darurat

Kondisi tak terduga, apalagi yang darurat, tentu tak menyenangkan. Salah satu contohnya, ada anggota keluarga yang sakit dan membutuhkan perawatan intensif. Atau, Anda diberhentikan dari pekerjaan, atau mobil Anda ditabrak. Bila hal ini terjadi, tentu Anda tak bisa menunggu sampai Anda dapat mengumpulkan uang untuk membiayainya bukan?

Maka menyiapkan uang untuk hal-hal yang tak terduga sangat penting. Umumnya pakar keuangan menyarankan Anda untuk menabung tiga sampai enam bulan rata-rata biaya hidup Anda.

Jadi, tak alasan lagi untuk sulit menabung ‘kan?(Maya Indriyani/tabloidnova.com)