Find Us On Social Media :

Lakukan Ini Sebelum Melangkah Mencapai Kebebasan Finansial

By Birgitta Ajeng, Senin, 12 Mei 2014 | 19:15 WIB

Lakukan Ini Sebelum Melangkah Mencapai Kebebasan Finansial

Intisari-Online.com - Jangan besar pasak daripada tiang. Maka, sebelum melangkah mencapai kebebasan finansial, kemandirian finansial (financial independence) mutlak harus dicapai dulu.

Ligwina Hananto, dalam bukunya, Untuk Kelas Menengah yang Kuat: 100 Langkah untuk Tidak Miskin (2011) membagi kebebasan finansial ini dalam tiga langkah sederhana.

(Baca juga: Tiga Strategi Pensiun Dini)

1. Membayar tagihan sendiri

Saat bisa membayarkan semua tagihan dalam hidup, sebetulnya kita sedang mengambil alih kendali hidup. Mulailah dari hal-hal yang sederhana, seperti membayarkan bensin jika Anda menggunakan kendaraan keluarga.

Atau, berhenti meminta uang pada orangtua untuk hal kecil seperti pulsa atau uang menonton bioskop. Kemampuan memba-yarkan sebagian biaya hidup ini akan semakin melatih kita untuk memegang kendali pada hidup kita sendiri.

2. Membayar utang

Kemampuan membayar utang merupakan wu-jud kemampuan kita menjadi orang yang bertanggung jawab secara finansial. Mulailah dari melunasi utang pada orang-orang dekat di sekitar kita, seperti orangtua, saudara, atau teman. Mereka memang akan selalu ada untuk kita, tapi tidak berarti kita bisa lari dari tanggung jawab.

Ketika mencicil pelunasan utang, sebaiknya kita mempunyai catatan pembayaran utang tersebut. Sekecil apa pun kemampuan bayar ini, tetap ada catatan pembayaran. Kemampuan membayar utang ini akan meningkat seiring meningkatnya perkembangan karier kita.

(Baca juga: Manfaatkan Uang Pesangon dengan Bijak)

3. Membeli properti pertama

Hal sederhana yang harus dilakukan oleh semua orang adalah memiliki rumah sendiri. Memiliki rumah adalah pengalaman yang sangat memuaskan batin. Memiliki properti pertama merupakan tahapan penting dalam upaya mencapai kemandirian finansial. Dengan mempunyai rumah sendiri, kita resmi keluar dari rumah orangtua dan mulai menjadi orang yang hidup berdikari.

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum melangkah mencapai kebebasan finansial. Kemandirian finansial mutlak harus dicapai dulu. Semoga bermanfaat!

---

Artikel ini ditulis oleh Rusman Nurjaman di Majalah Intisari Extra 1001 Solusi untuk Keluarga Muda dengan judul asli "Hidup Enak Tanpa Harus Bekerja, Mau?".