Find Us On Social Media :

Tips menyiapkan Uang Sebelum di-PHK

By Birgitta Ajeng, Jumat, 6 Juni 2014 | 14:00 WIB

Tips menyiapkan Uang Sebelum di-PHK

Intisari-Online.com - Risiko kehilangan pekerjaan akibat di-PHK bisa mengancam kapan saja. Sebelum itu terjadi, menyiapkan uang sebelum di-PHK menjadi penting. Berikut ini tips menyiapkan uang sebelum di-PHK.

1. Membangun cadangan dana darurat

Cadangan dana memungkinkan Anda menangani krisis ekonomi yang tak terduga. Tak perlu masuk dalam investasi jangka panjang, namun siapkan semua secara matang. Caranya, sisihkan cukup dana darurat untuk membayar tiga hingga enam bulan biaya hidup jika kehilangan pekerjaan atau mengalami krisis keuangan lainnya. Jika Anda memiliki usaha sendiri atau di tengah badai ancaman PHK di mana-mana, akan lebih baik menyisihkan uang tunai untuk menutupi kebutuhan antara enam sampai 12 bulan ke depan. Prinsipnya, sesedikit apa pun Anda harus tetap menyisihkan pendapatan secara teratur.

(Baca juga: Ini Tantangan Saat Bekerja di Rumah)

2. Pertimbangkan mengambil kredit dengan jaminan rumah

Kredit dengan agunan rumah memungkinkan Anda mengambil keuntungan dari kepemilikan rumah untuk tujuan lain. Termasuk sebagai dana darurat untuk usaha lain dalam menyelamatkan keuangan. Keuntungannya, Anda cukup membayar sesuai pinjaman yang dibutuhkan.

Misalnya, rumah Anda seharga Rp500 juta, dan Anda hanya ingin berutang Rp 100 juta. Kemudian Anda mengangsur jumlah yang diutang sesuai kemampuan per bulan berikut bunga yang dikenakan. Kebanyakan kredit jenis ini mencairkan dana melalui transfer rekening setelah kesepakatan dilakukan, sehingga Anda memiliki akses langsung ke sumber dana. Kredit jenis ini biasanya memiliki suku bunga lebih rendah ketimbang kartu kredit dan pinjaman pribadi lainnya.

Mengambil kredit dengan jaminan rumah sebaiknya diambil demi menghindari pencairan investasi jangka panjang untuk kebutuhan jangka pendek. Misalnya, agar tak perlu mencairkan dana pensiun sebelum waktunya, atau asuransi investasi sebelum kontrak pengembalian.

3. Teliti klausul polis asuransi

Beberapa kebijakan asuransi jiwa dan kecelakaan menawarkan salah satu klausul (berdasarkan penawaran) berbiaya tambahan yang dapat membebaskan premi jika Anda kehilangan pekerjaan atau sedang tak bekerja. Tak ada salahnya mengeluarkan uang lebih sebagai langkah antisipasi.

(Baca juga: 5 Tanda Ide Bisnis Anda Bagus)

Atau, langkah perlindungan yang bermanfaat jika Anda (mungkin) tidak dapat melakukan pembayaran premi. Periksa klausul asuransi Anda mulai sekarang, untuk mengetahui apakah penawaran ini sudah termasuk di dalamnya. Jika belum, diskusikan pilihan ini dengan agen asuransi Anda.

Nah, itu tadi tips menyiapkan uang sebelum di-PHK. Semoga bermanfaat. (tabloidnova.com)