Find Us On Social Media :

Kiwi, Buah Aman Bagi Diabetesi

By Mohamad Takdir, Rabu, 24 Juli 2013 | 15:00 WIB

Kiwi, Buah Aman Bagi Diabetesi

Intisari-Online.com – Pendapat bahwa sayur dan buah sangat baik bagi kesehatan sudah banyak muncul dari berbagai sumber. Kali ini Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, M.Sc., M.S., Sp.GK mengungkapkan bahwa buah dan sayur sangat baik dikonsumsi sebagai salah satu upaya mencegah obesitas.

Hal ini disebabkan buah dan sayur mengandung serat larut yang akan membantu penyerapan gula lebih lambat. Selain itu dapat menjaga peningkatan kadar gula agar tidak berlebihan dan juga tidak menurun drastis.

Khusus bagi penderita diabetes, sangat penting menjaga kadar gula tetap normal. Salah satu caranya dengan memperbanyak buah dan sayuran dalam menu harian. Salah satu buah yang memiliki indeks glisemik yang rendah adalah buah kiwi yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Mengonsumsi dua buah kiwi dan tiga porsi sayur setiap hari secara teratur memberikan manfaat positif seperti mencegah penyakit degeneratif, seperti kencing manis, kanker, obesitas, penuaan dini, meningkatkan kesehatan saluran cerna, meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kerusakan sel.

Buah kiwi telah lama dikenal kaya akan vitamin C dan vitamin E. Kandungan Vitamin C pada kiwi dua kali lebih tinggi dibandingkan jeruk dengan perbandingan berat (gram) yang sama dan kandungan nutrisi lima kali lebih besar dibandingkan apel dengan perbandingan berat (gram) yang sama.

Salah satu enzim unik dalam kiwi adalah enzim actinidin yang ada di buah kiwi hijau yang berfungsi membantu pencernaan protein sehingga lebih mudah diserap tubuh. Lalu buah kiwi juga kaya asam folat yang bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil.

Buah kiwi yang awalnya dikenal sebagai Chinese Gooseberry dibawa ke Selandia Baru oleh Isabel Fraser tahun 1904. Pengelolaan yang baik didukung oleh iklim dan tanah Selandia Baru yang subur menjadikan kiwi sebagai ekspor unggulan negeri tetangga Australia ini.