Find Us On Social Media :

Minyak Zaitun Dengan Sayuran Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

By Mohamad Takdir, Kamis, 22 Mei 2014 | 08:30 WIB

Minyak Zaitun Dengan Sayuran Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Intisari-Online.com - Mengonsumsi minyak zaitun dengan sayuran menurunkan tekanan darah tinggi.  Efek ini lebih sehat daripada minyak zaitun dituangkan ke makanan lain. Lemak di minyak zaitun jika bereaksi dengan sayuran akan menimbulkan senyawa baru yang bisa menurunkan tekanan darah.Penelitian ini menunjukkan bahwa diet Mediterania yang kaya sayuran dan minyak zaitun sehat. Ketika minyak zaitun dan sayuran dikonsumsi bersama, kondisi dalam perut menyebabkan asam lambung bereaksi dengan sayuran dan membentuk asam lemak nitro yang bisa menurunkan tekanan darah.

(Baca juga: Minyak Zaitun Mencegah Kanker)Tikus digunakan dalam penelitian ini. Hasilnya tikus yang mengonsumsi minyak zaitun dan sayuran, tekanan darahnya menurun. Diet mediterania sendiri termasuk mengonsumsi ikan, sayuran, kacang-kacangan dan minyak zaitun. Walau kaya lemak namun mampu mencegah penyakit jantung sebab lemak dimakan bersama dengan sayuran.

Penelitian ini muncul di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Maka tunggu apa lagi, konsumsi minyak zaitun dengan sayuran untuk menurunkan tekanan darah tinggi. (LiveScience)