Find Us On Social Media :

5 Jenis Makanan yang Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Anak

By Birgitta Ajeng, Sabtu, 24 Mei 2014 | 09:00 WIB

5 Jenis Makanan yang Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Anak

Intisari-Online.com - Orangtua pun perlu pintar-pintar menyiasati penyajian makanan anak. "Anak membutuhkan makanan yang padat gizi dan lemak sehat guna menunjang pertumbuhan badan dan otaknya," kata pakar nutrisi asal Amerika Serikat Jacqueline Silvestri Banks. Inilah lima jenis makanan yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

1. Kuning telur

Kuning telur mengandung lemak sehat dan kolesterol yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan sistem saraf, seperti kolin, asam amino dan vitamin A. Faktanya, vitamin banyak ditemukan pada kuning telur daripada putihnya.

(Baca juga: 8 Makanan Ini Membuat Pintar)

2. Hati

Hati kaya akan vitamin A yang merupakan nutrisi penting dalam menunjang pertumbuhan bayi dan anak-anak. Hati juga merupakan sumber zat besi dan vitamin B12 yang baik. Tak hanya itu, hati juga mengandung kolin dan kolesterol yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.

3. Telur ikan salmon

Telur ikan salmon merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 yang terbaik, bahkan lebih baik daripada daging salmon sendiri. Telur ikan salmon juga kaya antioksidan dan vitamin larut lemak, serta seng dan yodium.

4. Daging sapi

Selain itu, makanan yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak adalah daging sapi. Bahan pangan satu ini merupakan sumber zat besi, seng, dan vitamin B yang baik untuk menunjang perkembangan yang sehat. Penelitian menunjukkan, daging sapi khususnya dari sapi pemakan rumput, mengandung lebih sedikit lemak jenuh, tetapi asam lemak omega-3 yang lebih tinggi.

(Baca juga: Ini Dampak Buruk Minum Minuman Berenergi Bagi Remaja)

5. Produk-produk kelapa