Find Us On Social Media :

Sembilan Alasan untuk Tetap Mengonsumsi Makanan Sehat

By Chatarina Komala, Rabu, 4 Juni 2014 | 14:00 WIB

Sembilan Alasan untuk Tetap Mengonsumsi Makanan Sehat

Intisari-Online.com - Entah bertujuan untuk menurunkan berat badan, membentuk badan, atau hanya menjalani hidup sehat, mengonsumsi makanan sehat memang memberikan berbagai manfaat. Berikut adalah sembilan alasan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat.1. Anda menjadi lebih produktifSama seperti sebuah mobil, otak Anda membutuhkan kualitas bahan bakar agar bisa berjalan secara efektif dan efisien. Sebuah studi menemukan, mengonsumsi makanan tak sehat bisa membuat Anda berisiko kehilangan produktivitas. Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang juga dapat memastikan otak memiliki bahan bakar yang dibutuhkan-yang akhirnya berdampak pada peningkatan produktivitas di tempat kerja.(Baca juga: Trik Ajarkan Anak Santap Makanan Sehat)2. Anda akan lebih bahagiaApa yang kita makan memiliki dampak bagi otak kita. Apakah Anda tahu, pisang mengandung 10 miligram dopamin, yang membantu mendorong suasana hati dalam otak? Sementara itu, dark chocolate, yang dikemas dengan polifenol, dikenal dapat meningkatkan serotonin. Anda memang harus pergi ke dokter jika Anda mengalami masalah serius pada suasana hati Anda. Namun, untuk hari-hari biasa, pisang yang dilapisi cokelat bisa membantu Anda menaikkan suasana hati Anda. 

3. Anda tidak akan merasa tertekanMakanan tertentu punya kemampuan untuk mengurangi tingkat hormon kortisol dalam tubuh. Beberapa studi menemukan, makanan yang dikemas dengan vitamin C, asam lemak omega 3, dan magnesium dapat membantu mengurangi kadar kortisol. Ketika tubuh dalam keadaan stres yang serius, mengonsumsi makanan kaya protein, termasuk di antaranya ikan dan susu, dapat membantu melengkapi penyimpanan protein dan menjaga kadar kortisol. 
4. Anda dapat mengontrol berat badan Sebuah pilihan sederhana, seperti mengganti soda dengan air, memilih wortel sebagai camilan, dan memesan salad untuk mengganti kentang goreng, tidak hanya akan membantu menurunkan berat badan, juga membantu Anda menghemat uang. Rumah tangga rata-rata menghabiskan sekitar $850 per tahunnya untuk mengonsumsi minuman ringan, yang dapat dengan mudah diganti dengan air, sebuah pilihan yang lebih sehat dan gratis. 
 
5. Anda akan makan lebih sedikitKetika memutuskan mengonsumsi makanan sehat, maka sebuah kualitas akan mengalahkan kuantitas. Makanan segar mengandung lebih sedikit kalori yang dapat dibakar tubuh dengan cepat. Jika Anda membeli dan mengonsumsi lebih sedikit makanan, maka Anda akan memiliki lebih banyak uang dalam saku Anda.   6. Anda akan awet mudaMengapa membayar mahal untuk perawatan kulit yang menyakitkan jika Anda bisa memperbaiki kulit Anda melalui konsumsi makanan? Buah dan sayuran yang mengandung antioksidan yang tinggi dapat membantu melindungi kulit Anda, sekaligus memperlambat penuaan dini.7. Anda lebih sehatMengonsumsi makanan yang tak sehat, terutama dalam jangka panjang dapat menjadi faktor risiko untuk penyakit kronis seperti kanker, diabetes, obesitas, dan penyakit jantung. Jika Anda kehilangan terlalu banyak protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, masa otot Anda akan berkurang karena cadangan lemak Anda meningkat. Beberapa studi mengungkap, sebanyak 30 persen penyakit kanker terkait dengan pola makan yang buruk. Sementara studi lain menemukan, mereka yang makan sayur-sayuran, seperti kubis, lobak, brokoli, dan kembang kol memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara setelah menopause. (Baca juga: Tip Makan Sehat Keluarga)

8. Anda akan berumur panjangMengonsumsi makanan sehat dapat membantu Anda menghindari penyakit yang dapat menurunkan harapan hidup Anda. Sebuah studi menunjukkan, diet buah dan sayuran, yang dikombinasikan dengan olahraga dapat membuat wanita berumur panjang. Di sisi lain, sebuah penelitian menunjukkan, diet vegetarian bisa membantu Anda hidup lebih lama.  9. Anda menghemat uangBanyak manfaat dari mengonsumsi makanan sehat berkontribusi terhadap penghematan "saku". Jika Anda tetap sehat, Anda akan mengurangi biaya pengobatan, juga mengeluarkan biaya lebih sedikit untuk makanan.Demikian alasan untuk tetap mengonsumsi makanan sehat, jangan sampai diabaikan, ya. (Huffingtonpost)