Find Us On Social Media :

Makan Terlalu Banyak, Seimbangkan dengan Lima Makanan Ini!

By Chatarina Komala, Kamis, 5 Juni 2014 | 17:00 WIB

Makan Terlalu Banyak, Seimbangkan dengan Lima Makanan Ini!

Intisari-Online.com – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, ternyata ada cara lezat untuk mengembalikan tubuh yang agar seimbang setelah kita makan terlalu banyak, sekaligus. Bahkan, mengonsumsi lima jenis makanan ini juga mampu melawan radikal bebas. Apa sajakah makanan tersebut? 

1. Jus jeruk

Sebuah studi dalam yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2010 menunjukkan, flavonoid, sebuah senyawa antioksidan yang terkandung di dalam jus jeruk dapat menjaga jantung agar mampu mengimbangi efek negatif dari kalori dan lemak.  Dalam studi tersebut, orang yang minum jus jeruk saat mengonsumsi makanan tinggi kalori ketika sarapan, punya potensi terkena radikal bebas berbahaya lebih rendah ketimbang orang yang minum air atau air gula saat sarapan dengan kadar yang sama.(Baca juga:  Redam Marah dengan Jus Jeruk Manis!)

2. Buah-buahan

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya antioksidan, termasuk diantaranya buah beri, anggur, kiwi, dan ceri membantu meminimalkan kerusakan akibat radikal bebas berbahaya yang terjadi setelah makan. Sebaliknya, makan makanan yang kaya kalori tanpa dilengkapi dengan konsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran dapat berdampak berbahaya dalam jangka panjang.

3. Tetesan cuka

Melengkapi makanan Anda dengan satu sendok makan cuka akan menekan lonjakan kadar gula darah yang biasanya terjadi setelah makan besar, terutama makanan yang kaya karbohidrat.

4. Minum wine

Antioksidan dalam wine atau anggur merah dapat mengurangi dampak negatif dari makanan tinggi lemak dengan menurunkan kadar senyawa yang diproduksi dalam tubuh setelah makan lemak. Memasak makanan dengan anggur merah atau bahkan dengan cara meminum langsung segelas anggur merah saat makan malam bisa jadi pilihan yang baik. Namun, jumlah konsumsinya harus tetap diatur agar tidak berlebihan.  (Baca juga:  Ini Pengganti Soda Berkarbonasi)

5. Menambah rempah-rempah dalam makanan

Menambah rempah-rempah dalam makanan dapat membantu mengurangi efek negatif dari makan berlebih. Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Nutrition, partisipan yang mengonsumsi makanan dengan sekitar 2 sendok rempah-rempah (campuran dari daun rosemary, oregano, kayu manis, kunyit, lada hitam, cengkeh, bubuk bawang putih, dan paprika), memiliki kadar trigliserida dan insulin yang lebih rendah. Di sisi lain, mereka juga punya tingkat antioksidan yang lebih tinggi setelah mengonsumsi makanan tinggi lemak dibanding saat mereka makan makanan yang tidak memiliki rempah-rempah. Para peneliti menduga, campuran rempah-rempah dapat membantu penyerapan lemak dan kandungan antioksidan membantu menyerap radikal bebas berbahaya yang dihasilkan ketika Anda mengonsumsi makanan berlebih. Ini adalah salah satu dari lima makanan penyeimbang tubuh setelah makan berlebihan.  (Eatingwell)