Find Us On Social Media :

Berhenti Mengonsumsi Soda Secara Berlebihan, Mulai dari Sekarang!

By Chatarina Komala, Kamis, 12 Juni 2014 | 08:00 WIB

Berhenti Mengonsumsi Soda Secara Berlebihan, Mulai dari Sekarang!

Intisari-Online.com - Meski sebagian besar orang paham betapa buruknya dampak konsumsi soda berlebih bagi tubuh, masih banyak orang yang seringkali mengonsumsi soda sebagai penghilang dahaga secara cepat. Sebuah studi baru memaparkan alasan mengapa kita harus berhenti mengonsumsi soda secara berlebihan, mulai dari sekarang.  (Baca juga: California Dukung Pajak Soda untuk Melawan Obesitas)Studi tersebut memaparkan, minuman bersoda mengandung fruktosa yang jika dikonsumsi secara berlebihan mampu meningkatkan risiko diabetes, penyakit kardiovaskular, dan penyakit hati. Hal itu terjadi karena fruktosa akan diproses di organ hati, yang pada akhirnya akan dikonversi menjadi lemak.

Memang, dalam label nutrisi, gula hanyalah gula. Namun, dalam metabolisme tubuh, ada dua jenis molekul berbeda, yaitu glukosa dan fruktosa. Meski sama-sama manis, keduanya dimetabolisme dengan cara yang berbeda dalam tubuh.

Glukosa lebih mudah dimetabolisme dan merupakan pemberi energi terbesar pada tubuh. Sementara fruktosa hanya bisa diproses di hati dan berhubungan dengan diabetes tipe-2 dan obesitas.

Namun, menurut peneliti studi, fruktosa sebenarnya tidak perlu dihindari. Pasalnya fruktosa juga ada pada buah yang bermanfaat bagi tubuh. Namun orang cenderung mengonsumsi fruktosa lebih banyak jika ditambah dari minuman bersoda.

Dalam soda, terdapat lebih banyak fruktosa dari yang dipikir sebelumnya. Umumnya industri minuman bersoda memproduksi minuman dengan kadar fruktosa 55 persen dari total kandungan gula, bahkan bisa lebih pada beberapa merek lainnya.(Baca juga: Alasan Tak Memilih Soda

Sebagian merek yang dites bahkan mengandung kadar gula yang lebih tinggi daripada yang tercantum pada tabel nutrisinya. Sebagian lagi tidak mencantumkan fruktosa pada labelnya.

Banyak studi membuktikan, konsumsi berlebihan minuman bersoda memberikan kontribusi peningkatan risiko diabetes tipe-2 dan obesitas. Ini berhubungan dengan kandungan fruktosa yang tinggi di dalam minuman jenis itu. Jadi, tunggu apalagi, berhenti mengonsumsi soda secara berlebihan, mulai dari sekarang!