Find Us On Social Media :

Lima Makanan Terlarang Bagi Penderita Diabetes

By Chatarina Komala, Rabu, 18 Juni 2014 | 06:00 WIB

Lima Makanan Terlarang Bagi Penderita Diabetes

Intisari-Online.com –  Bagi penderita diabetes, memang sangat penting untuk menghindari segala jenis makanan (bahkan makanan sehat sekalipun) yang mampu menaikkan kadar gula darah. Nah, jika Anda berisiko atau menderita diabetes, cobalah untuk tetap memonitor kadar gula darah dengan menjauhi lima makanan terlarang bagi penderita diabetes.

1. Buah kering

Memang, buah kering umumnya sehat dan mampu mengurangi kemungkinan sembelit. Buah kering juga baik untuk meningkatkan energi. Namun, buah-buah kering seperti aprikot atau kismis mengandung gula yang terkonsentrasi sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah. (Baca juga: Pilah Pilih Makanan Aman Penderita Diabetes

2. Susu

Lemak jenuh dari semua produk susu dapat meningkatkan risiko resistensi insulin. Selain itu, lemak jenuh juga memiliki efek buruk pada jantung dan pembuluh nadi atau arteri. 

3. Jus buah  

Meski jus buah mungkin tampak sehat dan menyegarkan, namun jus buah mengandung kadar sumber gula yang tinggi. Apalagi, just buah sendiri tidak memiliki kandungan yang kaya serat. Karenanya, jus buah bukanlah makanan yang sehat bagi penderita diabetes. 

4. Roti tawar

Roti, terutama roti tawar putih sangat berbahaya yang dapat mengganggu kontrol glukosa. Namun, jika ingin tetap menyantapnya, sebaiknya digabungkan dengan biji-bijian.  (Baca juga: Labu untuk Penderita Diabetes

5. Makanan yang digoreng

Makanan berminyak dapat meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, makanan yang digoreng juga mempengaruhi sistem kardiovaskular. b(Healthmeup)