Find Us On Social Media :

Buah Apel Efektif Hilangkan Napas 'Bau Bawang'

By Chatarina Komala, Selasa, 24 Juni 2014 | 07:00 WIB

Buah Apel Efektif Hilangkan Napas 'Bau Bawang'

Intisari-Online.com - Tak dapat dihindari, bawang putih adalah bumbu wajib yang bisa ditemui pada hampir seluruh masakan. Sayangnya, tak jarang, bawang putih justru meninggalkan jejak bau tak sedap pada napas setelah memakannya. Bahkan, baunya ini tak hilang meski sudah menyikat gigi. Namun tak perlu khawatir, sebab para peneliti menemukan, ternyata buah apel efektif hilangkan napas 'bau bawang' ini.(Baca juga: Bau Mulut Membandel? Mungkin Ini Solusinya)Peneliti asal Amerika Serikat mengungkap, ada beberapa makanan yang bisa mengurangi bau napas tak sedap akibat bawang putih. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Food Science, peneliti menemukan, makanan-makanan tersebut diantaranya adalah teh hijau, parsley, dan bayam. Bawang putih sendiri mengandung senyawa atil metil sulfida yang tidak bisa terurai selama proses pencernaan. Akibatnya, tubuh mengeluarkannya melalui napas dan keringat. Buah apel paling efektif

Sebagai bagian dari penelitian, para peneliti meminta relawan untuk memakan bawang putih mentah. Setelah itu, diukur bau bawang putih pada napas relawan yang rata-rata berada di skala empat.

Para peneliti selanjutnya meminta relawan untuk memakan makanan yang bervariasi untuk membantu meringankan bau tersebut. Dari semua makanan yang dikonsumsi, buah apel dinilai paling efektif untuk menekan bau nafas setelah mengonsumsi bawang putih. (Baca juga: Jalan Mengatasi Bau Mulut)

Profesor Barringer dari departemen ilmu pangan dan teknologi di Ohio State University mengungkap, apel mampu membantu menetralkan enzim pada bawang putih. Sementara makanan-makanan lain yang dikatakan efektif juga kaya akan senyawa yang disebut polifenol yang membantu mengurai senyawa pada bawang putih. Rasa masam pada jus lemon juga membantu proses tersebut.

"Untuk mendapat manfaat terbaik, maka sebaiknya makanan-makanan tersebut sebisa mungkin dikombinasikan dengan bawang putih," katanya. (Unoviana Kartika/ Kompas)