Find Us On Social Media :

Penderita Wasir, Hindari Konsumsi Apel Hijau dan Jeruk

By Chatarina Komala, Kamis, 26 Juni 2014 | 07:00 WIB

Penderita Wasir, Hindari Konsumsi Apel Hijau dan Jeruk

Intisari-Online.com -  Bagi beberapa kasus, penderita wasir yang parah sulit diobati sehingga satu-satunya jalan yang ada adalah dengan dilakukannya operasi pengangkatan wasir. Namun, hal tersebut pun ada efek sampingnya. Adapun cara yang bisa mengatasi wasir adalah dengan memperbaiki pola makanan, terutama dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan. Meski tidak semua buah dapat dikonsumsi,  harap diingat, sebaiknya penderita wasir menghindari konsumsi apel hijau dan jeruk.

(Baca juga: 7 Makanan Pencegah Wasir)  Apel hijau dan jeruk memang memiliki kandungan serat yang tinggi. Meski begitu tetapi kandungan asam dalam kedua buah tersebut juga tinggi. Makanan atau buah yang mengandung tingkat keasaman yang tinggi dalam pencernaan bisa membuat gejala wasir bertambah buruk, juga membuat iritasi. Lain halnya dengan apel hijau, apel merah dapat dikonsumsi oleh penderita wasir karena tingkat keasamannya tidak terlalu tinggi. 

Selain makanan yang mengandung tingkat keasaman yang tinggi, penderita wasir juga perlu menghindari minuman berkarbonasi dan berkafein, juga makanan olahan dengan serat yang rendah, seperti keju, karena bisa membuat feses menjadi keras sehingga sulit untuk dikeluarkan dan menimbulkan rasa sakit.(Baca juga: Kombinasikan Operasi Wasir dengan Gaya Hidup Sehat

Selain kewajiban penderita wasir menghindari konsumsi apel hijau dan jeruk, sebenarnya hal terpenting yang perlu dijaga penderita wasir adalah banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan yang kaya serat. Dengan begitu penderita wasir dapat buang air besar secara teratur dan tidak merasa sakit ataupun nyeri.