Find Us On Social Media :

Benarkah Kacang Menyebabkan Jerawat?

By Chatarina Komala, Jumat, 27 Juni 2014 | 08:00 WIB

Benarkah Kacang Menyebabkan Jerawat?

Intisari-Online.com –  Sebagian orang percaya, kacang adalah makanan yang wajib dihindari, apalagi bagi orang yang punya masalah dengan jerawat. Namun, benarkah kacang menyebabkan jerawat?(Baca juga: Kacang Almond Menurunkan Kolesterol

Ada beragam faktor yang memicu munculnya jerawat, salah satunya adalah faktor hormon androgen yang umumnya menjadi aktif dan meningkat jumlahnya pada usia remaja, menjelang menstruasi, dan pada saat kehamilan. Dalam prosesnya, hormon ini meningkatkan produksi sebum(minyak) dalam kulit. Selain itu,  ada pula faktor lain, seperti kurangnya kesadaran membersihkan kulit wajah, mengonsumsi makanan berlemak, kurang tidur, hingga stres.

Riset dari American Academy of Dermatology mengungkap, timbulnya jerawat tidak disebabkan oleh konsumsi makanan seperti cokelat, ice cream, atau kacang. Menurut mereka, jerawat timbul karena konsumsi makanan yang mengandung gula. Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula akan menyebabkan kadar insulin dalam darah meningkat. Jika hal itu terjadi, maka akan memicu produksi hormon androgen yang menjadikan kulit berminyak.

Di sisi lain, kacang merupakan sumber vitamin E yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Sebagai contoh, kandungan vitamin E yang terdapat pada kacang almond  bisa menjaga keremajaan kulit juga melindungi dari sinar UV yang merusak.(Baca juga: Segenggam Kacang Memangkas Lemak Perut

Tak hanya itu, Phytoestrogen yang terdapat dalam kacang hijau bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut. Beberapa jenis kacang juga kaya akan lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh, sehingga dijadikan konsumsi wajib dalam program penurunan berat badan. Namun, meski pernyataaan kacang menyebabkan jerawat tidak benar, kita tetap disarankan untuk mengonsumsi kacang dalam jumlah yang wajar. (Dari berbagai sumber)