Find Us On Social Media :

Brokoli Bantu Sembuhkan Penderita Asma

By Chatarina Komala, Sabtu, 28 Juni 2014 | 11:00 WIB

Brokoli Bantu Sembuhkan Penderita Asma

Intisari-Online.com – Sebuah penelitian baru menunjukkan, brokoli bantu sembuhkan penderita asma. Hal tersebut disampaikan oleh tim peneliti Melbourne bahwa mengonsumsi satu atau dua cangkir brokoli kukus setiap hari bisa menjadi pengobatan baru bagi penderita asma. Temuan ini didasarkan akan kandungan sulforaphane yang ada secara alami di dalam brokoli atau sejenis sayuran lainnya yang membantu melindungi tubuh dari radang pernafasan penyebab asma, alergi rhinitis, atau penyakit kronik lainnya.   (Baca juga: Brokoli Cegah Radang Sendi

“Di Australia, asma menyerang satu dari 10 orang dan jumlah itu dipastikan akan terus meningkat,” kata Nadia Mazarakis, mahasiswa dari University of Melbourne yang melakukan penelitian pada topik ini melalui bimbingan Dr Tom Karagiannis.

Brokoli kaya akan vitamin A dan C, vitamin B6. Selain itu, brokoli juga mengandung zat besi, kalsium, serat, dan diyakini bersifat antikarsinogen.

Sejumlah pengujian laboratorium mengatakan, selain brokoli, mengonsumsi sayuran dari jenis cruciferous, termasuk di antaranya kubis, kecambah, kembang kol, dan bok choy, membantu mengurangi bahkan memerangi risiko kerusakan paru-paru.

“Penelitian kami bisa membantu orang-orang tertentu yang resisten terhadap pilihan pengobatan saat ini,” kata Dr Karagiannis.(Baca juga: Brokoli untuk Kesehatan Kulit)  

Sementara itu Mazarakis mengungkap, meski hasil menunjukkan bahwa brokoli bantu sembuhkan penderita asma, penelitian terebut masih dalam tahap percobaan. Karenanya, dianjurkan untuk tetap mengikuti nasihat medis sebagai pelengkap proses pengobatan penyakit asma.(Dailymail)