Find Us On Social Media :

Tujuh Alasan Kurangi Konsumsi Garam

By Chatarina Komala, Jumat, 4 Juli 2014 | 16:00 WIB

Tujuh Alasan Kurangi Konsumsi Garam

Intisari-Online.com – Memang, garam sangat penting untuk menjaga rasa makanan agar tetap lezat. Namun, jika berlebihan, hal tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan. Berikut adalah tujuh alasan mengurangi konsumsi garam.

1. Tekanan darah tinggi

Garam punya kekuatan untuk meningkatkan tekanan darah dan cukup berkontribusi pada penyakit stroke dan gangguan jantung. Sepertiga dari populasi orang dewasa memiliki tekanan darah tinggi, dan ini bukan dipengaruhi oleh faktor usia. Mengurangi asupan garam dan olahraga teratur dapat memastikan tingkat tekanan darah Anda terkendali.(Baca juga: Makanan yang Tidak Baik untuk Kulit

2. Kanker perut

Risiko kanker dekat pada individu yang mengonsumsi kadar garam yang tinggi. Helicobacter pylori adalah bakteri yang berkontribusi terhadap gangguan lambung terkait, seperti kanker dan maag. Garam merusak lapisan perut sehingga rentan terhadap bakteri. Selain itu, pria umumnya menghadapi risiko kanker perut yang lebih tinggi ketimbang wanita.

3. Risiko obesitas

Memang, secara langsung garam tidak menyebabkan kenaikan berat badan, tapi garam bisa membuat Anda haus dalam jangka waktu yang lama. Jika asupan cairan sebagian besar mengandung gula, maka Anda sangat rentan untuk terkena obesitas.

4. Gangguan ginjal

Gangguan ginjal menjadi alasan mengurangi konsumsi garam. Konsumsi garam memang tak secara langsung menjadi penyebabnya. Namun, konsumsi garam yang berlebih bisa jadi sangat berbahaya bila dikombinasikan dengan tekanan darah yang tinggi. Kedua faktor tersebut menyebabkan kelebihan kalsium yang akan disekresikan oleh ginjal dalam urin, sehingga menyebabkan batu ginjal. Selanjutnya, tekanan darah dapat menambah regangan pada ginjal-yang memunculkan penyakit ginjal.

5. Rasa kembung

Kembung seringkali disebabkan oleh retensi air dalam tubuh. Mengurangi asupan garam dapat membuat tubuh Anda mempertahankan setidaknya 50 ons air. Perempuan yang mengalami kembung dapat mengamati hasil berbeda dan instan ketika mereka menurunkan asupan garam mereka.

6.  Hilangnya kepadatan tulang