Find Us On Social Media :

Kayu Manis Dapat Mengobati Penyakit Parkinson dan Melindungi Otak

By Birgitta Ajeng, Minggu, 13 Juli 2014 | 06:00 WIB

Kayu Manis Dapat Mengobati Penyakit Parkinson dan Melindungi Otak

Intisari-Online.com - Selama berabad-abad, kayu manis kerap digunakan sebagai bumbu penyedap makanan di seluruh dunia. Selain bermanfaat sebagai bumbu, kayu manis dapat mengobati penyakit parkinson.

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa, kayu manis adalah sumber bahan kimia yang dapat melindungi otak. Saat mengonsumsi kayu manis, liver mengubahnya menjadi natrium benzoat, sebuah zat yang digunakan untuk mengobati gangguan saraf.

Dalam sebuah penelitian terhadap tikus di Rush University Medical Centre, Chicago, tim peneliti menemukan bahwa natrium benzoat kemudian masuk ke dalam otak, meningkatkan fungsi motorik, melindungi sel-sel, dan neuron.

(Baca juga: Jika Ingin Langsing Makan Ikan, Telur Dan Daging)

“Kayu manis berpotensi menjadi salah satu pendekatan paling aman untuk menghentikan perkembangan penyakit pada pasien parkinson,” kata peneliti utama, Profesor Kalipada Pahan.

Kayu manis berasal dari kulit pohon dan menjadi rempah yang terpenting. Kayu manis yang dikenal masyarakat ada dua jenis, yaitu ceylon dan cassia. Kayu manis ceylon atau sering dikatakan sebagai kayu manis sebenarnya, merupakan kayu manis termahal. Sehingga kebanyakan roti, sereal, dan berbagai produk di amerika menggunakan kulit kayu kering cassia atau kayu manis cassia.

Penyakit Parkinson adalah penyakit degeneratif syaraf yang pertama ditemukan pada tahun 1817 (An Essay on the Shaking Palsy) oleh Dr. Jamer Parkinson dengan gejala yang paling sering dijumpai adalah adanya tremor pada saat beristirahat di satu sisi badan, kemudian kesulitan untuk memulai pergerakan dan kekakuan otot.

(Baca juga: Makan Kurma Mampu Meningkatkan Memori)

Parkinson menyerang sekitar 1 di antara 250 orang yang berusia di atas 40 tahun dan sekitar 1 dari 100 orang yang berusia di atas 65 tahun. Parkinson Primer disebabkan berkurangnya dopamin, karena bertambahnya usia, sedangkan Parkinson Sekunder disebabkan terhambatnya pengaliran dopamin yang bisa saja disebabkan oleh tumor, stroke, gangguan pembuluh darah dan trauma.

Profesor Pahan mengatakan, penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis ceylon lebih baik dalam menghentikan parkinson karena lebih murni. Selain kayu manis dapat mengobati penyakit parkinson, rempah ini juga dipercaya dapat melindungi otak. (Daily Mail)