Find Us On Social Media :

Tujuh Makanan Ini Mampu Memerangi Kanker

By Chatarina Komala, Senin, 4 Agustus 2014 | 17:00 WIB

Tujuh Makanan Ini Mampu Memerangi Kanker

Intisari-Online.com – Hingga kini, kanker masih merupakan penyakit yang ditakutkan oleh sebagian besar orang. Tak seorang pun ingin menderita kanker dan mengupayakan cara untuk menghindari dan mencegahnya. Untungnya, banyak penelitian berikut studi menunjukkan, ketimbang mengonsumsi suplemen yang sarat dengan kimia, ada cara alami untuk mencegah kanker, yakni melalui pola makanan sehat. Berikut adalah tujuh makanan yang mampu memerangi kanker.(Baca juga: Makanan Pencegah Kanker Payudara

1. Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, antioksidan alami yang terbukti mampu mengurangi risko kanker payudara dan kanker prostat. Selain itu, sulforaphane juga berperan dalam detoksifikasi alami yang membantu membuang bahan kimia berbahaya penyebab kanker.   

2. Tomat

Sebuah penelitian di Harvard membuktikan, hanya dengan mengonsumsi 7-10 tomat segar setiap minggu, dapat mengurangi risiko kanker sebesar 40 persen. Hal ini karena kandungan lycopene (karotenoid) dalam tomat yang memiliki sifat pencegahan kanker. Selain itu, tomat juga merupakan antioksidan yagn mampu mengurangi kadar lemak jahat dari aliran darah. 

3. Buah beri

Semua jenis buah beri sangat berguna dalam mencegah kanker. Sebagian besar jenis buah beri mengandung senyawa fitokimia, yang bekerja dengan melengkapi dan menyempurnakan mekanisme alami tubuh, yakni sebagai antioksidan, detoksifikasi alami, dan yang paling dikenal, sebagai senyawa antikanker.   

4. Kenari

Kandungan fitosterol dalam kacang kenari sangat membantu dalam mencegah kanker payudara dan prostat. Fitosterol inilah yang kemudian memblokir reseptor estrogen sel kanker payudara.

5. Bawang putih

Orang berpikir bawang putih hanya mampu menyebabkan napas bau. Namun, satu siung bawang putih ternyata mampu menyelamatkan Anda dari kanker usus besar dan kanker perut. Kandungan fitokimia dalam bawang putih dapat mencegah pembentukan zat penyebab kanker dan menguntungkan semua organ pencernaan.

6.  Kacang-kacanganKacang-kacangan mengandung banyak antioksidan, seperti quercetin dan kaempferol yang bisa mencegah munculnya kanker. Sebuah riset menunjukkan, bahwa kacang-kacangan punya kemampuan untuk mencegah berbagai macam kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus besar. Selain itu, meski kacang-kacangan mengandung lemak yang tinggi, namun komposisi lemak tak jenuh yang ada di dalamnya tak menaikkan kolesterol.