Find Us On Social Media :

4 Tips Menyiasati Junk Food

By Mohamad Takdir, Kamis, 7 Agustus 2014 | 14:00 WIB

4 Tips Menyiasati Junk Food

Intisari-Online.com -  Junk food merupakan makanan dengan kandungan nutrisi yang tidak seimbang, dengan porsi karbohidrat simpel, gula, garam, lemak yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan protein, serat, mineral, vitamin, atau pun air. Bagaimana menyiasati junk food? Berikut ini empat tips menyiasati junk food:1. SeimbangkanSebisa mungkin, ketika makan junk food, lengkapi dengan banyak sayuran. Setelahnya juga ada baiknya Anda menyeimbangkannya dengan olahraga. Melakukan semua itu juga dapat mengurangi rasa bersalah dari menikmati junk food.

(Baca juga: Junk Food Bikin Kita Depresi)2. ModerasiIngat, moderasi adalah kunci dalam menjaga berat badan tetap ideal dan tentunya tubuh yang lebih sehat. Yang dimaksud dengan moderasi adalah mengatur dan menjaga asupan junk food dalam satu waktu. Misalnya dalam seminggu, mungkin Anda hanya makan satu porsi junk food saja.

3. Ganti dengan yang lebih sehatMayones pada junk food mungkin akan membuatnya lebih gurih, namun juga menambah kandungan lemak darinya. Karena itu, Anda bisa membuat pilihan yang lebih sehat seperti mengganti mayones dengan minyak zaitun. Roti pada burger yang biasanya merupakan roti putih juga dapat diganti dengan roti gandum utuh.

(Baca juga: Terpikat Burger Rumahan)

4. Perhatikan cara masakMakanan yang dipanggang akan mengandung lemak yang lebih sedikit daripada makanan yang digoreng. Karena itu, daripada memilih burger dengan daging yang digoreng, ada baiknya Anda menggantinya dengan daging yang dipanggang.

Ingin sehat tapi bisa nikmat? Empat tips menyiasati junk food ini bisa diperhatikan. (Kompas)