Find Us On Social Media :

Pertolongan Pertama dari Meja Dapur

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 28 Agustus 2014 | 15:00 WIB

Pertolongan Pertama dari Meja Dapur

Intisari-Online.com - Kita tidak bisa memperkirakan kapan kecelakaan atau sakit akan datang. Infeksi, atau kondisi tubuh yang tidak bugar kerap datang sesuka hatinya. Meski demikian, bukan berarti masalah-masalah tersebut tidak dapat diatasi, bahkan dari meja dapur. Yup, pertolongan pertama dari meja dapur.

Caranya bagaimana? Tenang saja, pertolongan pertama itu sebenarnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang kerap ada di meja dapur.

Bawang merah

Bumbu yang kerap bersanding dengan bawang putih ini dapat menjadi obat oles guna mengatasi luka bakar. Irisan bawang merah juga bisa digunakan untuk mengatasi bengkak karena gigitan lebah.(Baca juga: 5 Manfaat Bawang Bagi Tubuh

Teh hijau

Teh hijau memiliki manfaat imunitas, peluruhan lemak, juga baik untuk kesehatan jantung. Lebih dari itu, teh hijau—lebih tepatnya kafein di dalamnya—juga biasa digunakan untuk mengobati mata bengkak.

Madu

Selain sebagai pemanis alami yang menyehatkan, madu biasa digunakan untuk mengatasi mabuk. Manny Alvarez, praktisi kesehatan asal New York, menyebut, madu dapat membantu tubuh memetabolisme alkohol lebih cepat. Potasium dalam tubuh yang menipis saat mabuk akan digantikan oleh potasium yang banyak terdapat di dalam madu.(Baca juga: Madu Singkirkan Jerawat hingga Insomnia

Garam

Garam dikenal dengan kemampuannya sebagai obat antiperadangan (anti-inflamasi) yang sangat baik. Oleh sebab itu, segala sesuatu yang mengakibatkan nyeri—misalnya sariawan atau nyeri tenggorokan—bisa diatasi dengan berkumur menggunakan ari garam.

Jadi, jangan pernah meremehkan bahan-bahan atau bumbu yang ada di meja dapur. Dengan kasiatnya, ia bisa menjadi penolong pertama dari meja dapur. (Kompas.com)